Komunitas dan Pro Rider akan Bertarung di Yamaha Endurance Festival 2022

Komunitas dan Pro Rider akan Bertarung di Yamaha Endurance Festival 2022

Yamaha kembali menghadirkan ajang balap ketahanan yang bertajuk SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022. Ajang ini akan berlangsung pada tanggal 22-23 Oktober 2022 mendatang. Menariknya, balapan ini menjadi satu-satunya balap ketahanan yang diselenggarakan di Indonesia, melanjutkan tradisi yang telah berjalan sebelumnya.

Terdapat dua motor yang akan digunakan dalam ajang balap ketahanan SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 yaitu YZF-R15 dan YZF-R25. Masing-masing motor dilombakan dengan kelas yang berbeda-beda, setidaknya terdapat tiga kelas yang akan dikompetisikan. Mulai dari Pro Rider 250 cc, Community Rider 250 cc, dan Community Rider 150 cc.

Foto: Brian

Pada kelas Pro Rider, akan diikuti oleh tim papan atas balap nasional seperti Yamaha RRS, Yamaha Akai Jaya MBKW2, Yamaha Ziear The Strokes 55, Yamaha hDS Racing, dan Yamaha Bahtera Racing. Sementara untuk kelas komunitas akan diikuti oleh YROI, YARRCI, ROCK, Cornering Indonesia, dan komunitas lain di bawah naungan YRFI.

SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 ini merupakan balap ketahanan yang berlangsung selama 2 jam. Menariknya, balapan ini dimulai tidak seperti pada umumnya karena mengadopsi start ala Le Mans. Di mana pembalap berlari menyebrang lintasan menuju motor masing-masing yang diposisikan sesuai dengan starting grid.

Foto: Brian

Dalam balapan SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 ini, terdiri dari 2 pembalap dan 2 mekanik. Sehingga tidak hanya adu kecepatan, tetapi kerjasama tim diperlukan untuk memenangkan perlombaan. Fisik, stamina, timing filling, dan rider change harus memiliki strategi untuk mempertahankan poin yang menjadi kunci kesuksesan.

"Tahun ini adalah penyelenggaraan tahun ke-4 event ini. Dan semua sangat menikmati sensasi balap ketahanan selama 2 jam ini di sirkuit Sentul,” ujar Riyadi Prihantono, Coordinator Manager of After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).