Alasan Om Mobi Modifikasi Daihatsu Xenia V8 Tapi Tampangnya Standar

Alasan Om Mobi Modifikasi Daihatsu Xenia V8 Tapi Tampangnya Standar

Daihatsu Xenia V8 milik Om Mobi telah banyak dikenali oleh para pecinta otomotif di Indonesia. Bagaimana tidak? Mobil yang satu ini mendapatkan ubahan di bagian mesinnya menggunakan dapur pacu dari Lexus yakni 1UZ-FE berkonfigurasi V8 berkapasitas 4.000 cc. Dengan mesin yang sudah sangat powerful tersebut, lantas kenapa secara tampilan masih sangat standar?

Om Mobi menyebutkan memang mempertahankan tampilan standar Daihatsu Xenia karena ingin terlihat biasa-biasa saja di jalan. Namun ketika mobil ini digeber, maka suara V8 akan keluar dengan sangat menggelegar. Terlebih knalpot dari mesin V8 ini sudah diganti menggunakan model Valvetronic, sehingga dapat disesuaikan suara yang diinginkan.

Foto: Brian

"Sebenarnya ingin terlihat standar memang, jadi tidak mendapatkan modifikasi di bagian bodi-bodinya. Paling modif tampilannya cuma di pelek ini saja, habis itu udah semuanya standar. Meski standar begini, inginnya dia tetap kencang, jadi sleeper gitu," ujar Om Mobi ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Jika dilihat, memang secara tampilan, Daihatsu Xenia V8 ini betul-betul menggunakan komponen dari pabrikan. Baik di bagian body, bumper depan belakang, side skirts, bahkan kacanya tidak menggunakan pelindung film. Meski demikian, terdapat beberapa komponen yang diganti oleh Om Mobi pada mobilnya itu.

Foto: Brian

"Tapi panel belakang kiri itu sudah pernah ganti, karena waktu itu ban pernah terbelah dan kesabet ke bodi kiri belakang. Itu bodi sampai pada sobek karena sabetan kawat-kawat dari ban, jadi bagian itu sudah pernah diganti. Sisanya masih standar, paling hanya di bagian lampu depan saja sudah dimodifikasi sama Yongki Motor," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi,  Daihatsu Xenia milik Om Mobi yang telah dicangkok mesin V8 1UZ-FE dari Lexus LS400. Dalam kondisi standar, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 200 hp. Sementara untuk dimasukkan ke dalam sebuah Daihatsu Xenia tentunya memerlukan sebuah penyesuaian.