Asal Muasal Tulisan Lucu di Bodi Truk, Penuh Kata-Kata Bijak!

Asal Muasal Tulisan Lucu di Bodi Truk, Penuh Kata-Kata Bijak!

Hampir setiap bodi truk yang beredar di Indonesia memiliki modifikasi berupa livery. Di antara livery-livery tersebut biasanya tersemat tulisan dari mulai bijak, nakal, hingga candaan. Hadirnya kata-kata tersebut tentunya menjadi hiburan bagi pengendara jalan lainnya, lantas dari mana tulisan tersebut berasal?

Ali Sadikin selaku anggota Canter Mania Indonesia Community (CMIC) mengatakan tulisan tersebut tidak sembarangan hadir. Biasanya tulisan yang terpasang berawal dari pengalaman dan keresahan dalam kehidupan para pengemudi truk. Tak heran kata-kata yang tersemat berbeda-beda setiap truknya.

Foto: Brian

"Kita tulis apa yang memang kita sering lihat. Misalnya soal tulisan yang ada di truk saya ini, ini soal hutan. Karena biasanya orang lebih mengutamakan beli barang ketimbang bayar hutangnya," ujar Ali saat ditemui awak media di Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain juga terdapat tulisan 'Manusia Boleh Berencana tapi Saldo yang Menentukan'. Di sini Ali mencoba realistis dengan kehidupannya yang penuh dengan rencana. "Dari situ saya tulis saja di truk, karena memang kenyataannya begitu," paparnya.

Foto: Brian

Ali sendiri mengaku tidak terdapat tujuan atau maksud tersendiri dari setiap tulisan yang ada di bodi truk. Dirinya juga tidak berharap banyak dan tidak ingin menggurui orang lain lewat tulisannya. Hanya saja dirinya mengakui, jika terdapat orang lain yang memiliki perasaan yang sama, menjadi kesenangan tersendiri baginya.

Dari pantauan OtoMods di Jamnas CMIC, memang sangat banyak truk dari berbagai daerah yang memasang tulisan serupa. Menariknya antara truk satu dan lainnya tidak memiliki kesamaan kalimat. Sehingga setiap tulisan bisa jadi merupakan curahan hati setiap para pengemudi truk.