Bedah Mesin Toyota Voxy Supercharger, Berapa Peningkatan Tenaganya?

Bedah Mesin Toyota Voxy Supercharger, Berapa Peningkatan Tenaganya?

Toyota Voxy memang menjadi mobil keluarga yang banyak diandalkan. Menariknya, terdapat pemilik Voxy yang terbilang cukup nekat dengan modifikasinya. Voxy yang kami temukan kali ini notabene adalah mobil keluarga saja ditambahkan supercharger demi mendongkrak performa mesinnya!

Benar pemilik Toyota Voxy supercharger dimiliki oleh MAD yang telah kami beritakan sebelumnya. Mesin tersebut ditambahkan supercharger dari Rotrex tipe centrifugal, "Boost kecil saja, tapi nambah powernya sudah cukup seperti nyetir mobil yg kapasitas mesinnya jauh lebih besar," bisik MAD.

Foto: bautenam

Mad pun menjelaskan kenapa dirinya memasangkan supercharger pada Toyota Voxy. " Saya pilih supercharger biar CVT-nya lebih awet, karena supercharger power delivernya linear, nggak ada turbo spike, jadi lebih aman ke transmisinya," jelas MAD. 

Ia juga menambahkan, "Enaknya supercharger itu dari injakan gas awal sudah langsung ngisi powernya. Mengimbangi berat mobil yang sudah dimodif juga kalau bawa full penumpang nggak sampai keteteran," ucapnya.

Foto: bautenam

Untuk saat ini, MAD mengatakan boost pada mesin supercharger dibuat kecil saja supaya lebih awet. "Untuk ukuran Voxy, nambah power 80-90 HP saja sudah cukup banget, nggak buat kebut-kebutan juga, intinya biar tenaga nggak ngempos bila dibutuhkan untuk nyusul atau nanjak," sebut pemukim di Jakpus ini. 

Untuk mempercantik penampilan, pelek saat Toyota Voxy milik MAD memakai Advan Racing GT 18x9 inci. Pelek tersebut dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport 4 255/50/R18 depan dan Hankook 225/50/R18 belakang. "Karena belakang agak sempit ruang fendernya, lebar tapaknya dibedain," sebutnya. 

Foto: bautenam

Demi mengimbangi performa Toyota Voxy supercharger, rem juga diganti pakai Big Brake Kit alias BBK depan dan belakang. "Ini penting untuk safety kalau sampai harus rem mendadak, karena mesin juga sudah lebih kencang kan," tuturnya. 

Untuk suspensi, air suspension custom 2 channel dan set up kaki-kaki seperti under brace, bushing, swaybar depan belakang, dan lainnya jadi modifikasi bagian undercarriage.