Bedah Modifikasi Land Rover Defender 90 Pick-up, Sampai Harus Potong Fender!

Bedah Modifikasi Land Rover Defender 90 Pick-up, Sampai Harus Potong Fender!

Michelle Yonathan adalah owner dari Land Rover Defender 90 Pick-up yang super keren ini. Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, Michelle menyukai mobil jip yang berparas tangguh. Benar saja, ini adalah mobil idaman Michelle dan bahkan ia sendiri yang memodifikasi jip asal Inggris ini. Keren kan?

Seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya, Michelle sudah memesan bodykit orisinal part number Kahn untuk Landienya ini. "Saya harus nunggu sekitar 8 bulan untuk semua barang sampai di Indonesia," ujar Michelle. 

Foto: bautenam

Body kit dari Kahn untuk Land Rover Defender 90 Pick-up meliputi bumper depan dan lampu, grill depan X-Lander dengan headlight surrounds, bonnet vents stainless steel mesh. Kemudian terdapat side vents with stainless steel mesh dan pelindung area bawah mesin. Sementara di sisi lain, terdapat over fender depan belakang, juga lampu-lampu LED depan belakang.

Akhirnya part yang ditunggu pun tiba. Ia pun segera mengirim semua part itu ke sebuah bengkel di Jakarta untuk dipasangkan ke Land Rover Defender 90 Pick-up miliknya ini. "Saya sendiri yang kontrol pemasangannya ke bengkel, bolak-balik Bandung - Jakarta terus," kekehnya. 

Foto: bautenam

Bahkan ia melihat sendiri pemotongan ke empat fendernya untuk memasang over fender Kahn di Land Rover Defender 90 Pick-up ini. "Nggak tega sih, tapi demi tampilan yang keren gas terus lah!" serunya. Ini baru modifikasi!

Kemudian setelah semua terpasang dan di cat sesuai warna hijau aslinya, aksen orange di beberapa bagian membuat bodi Land Rover Defender 90 Pick-up semakin kontras. Beberapa bagian yang mendapatkan warna orange disematkan pada grill vents dan pelindung area bawah mesin.

Foto: bautenam

Karena over fender ini memberi kesan Land Rover Defender 90 Pick-up jadi semakin lebar, maka Michelle harus mencari pelek dan ban yang bisa mengimbanginya. Akhirnya pelek Daytona dengan balutan ban BF Goodrich AT pun jadi pilihan Michelle. "Peleknya saya cat orange juga," jelasnya. 

Suspensi Land Rover Defender 90 Pick-up juga dimodifikasi secara kustom tabung shockbreaker dan reboundnya. Kemudian, di baknya dilapisi dengan kayu custom sesuai bentuk bak Landie ini. Keren euy!

Foto: bautenam

Satu lagi dari Kahn, exhaust system sampai knalpot ke belakang yang 'menembus' mudflap belakang jadi ciri khas dari Kahn. "Efeknya jadi lebih enak aja ngegasnya," bilang Michelle.

Seperti yang telah diberitakan, transmisi Land Rover Defender 90 Pick-up juga sudah diganti otomatis dengan Automatic gearbox conversion by Kahn. Mantap! "Landie ini sering saya bawa, jadi nggak mungkin kalau mempertahankan tetap pakai transmisi manualnya," ucapnya lagi.

Foto: bautenam 

Terakhir di kabin Land Rover Defender 90 Pick-up, sepasang jok Recaro Sportster CS dengan stir Kahn sudah terpasang rapi. Makin nyaman lagi setelah audio juga ditingkatkan untuk kenyamanan Michelle mengendarai jip ini. 

Jadi, jangan anggap remeh wanita soal modifikasi mulai sekarang ya!