Bedah Modifikasi Mazda Vantrend Didiet Bandietoz Bergaya 1970-an

Bedah Modifikasi Mazda Vantrend Didiet Bandietoz Bergaya 1970-an

Mazda Vantrend milik Didiet Bandietoz sedang menjadi banyak perbincangan para pecinta otomotif roda dua di tanah air. Mobil station wagon yang kerap dianggap sebelah mata ini mendapatkan restorasi dan sejumlah ubahan. Lantas apa saja ubahan pada mobil tersebut?

Widitya Prayudi yang akrab disapa Didiet Bandietoz mengatakan ubahan banyak di bagian wajah dari Mazda Vantrend. Mulai dari bumper, bodi depan sampai ke spatbor depan bagian belakang menggunakan Corolla DX. Hal ini dipilih olehnya agar menyesuaikan konsep tahun 1970-an yang diusungnya.

Foto: Brian

"Karena kalau punya Vantrend itu kalau dicopot bumpernya ompong, dia enggak ada bodinya. Jadi si bumper besi ini enggak ada dudukan, walaupun ke sasis kan kosong atau bolong gitu kan. Terus grill pakai Corolla SE AE80, saya kustom sesuai dengan ukurannya Vantrend," ujar Didiet saat ditemui OtoMods.

Bagian lampu juga dipertahankan sesuai dengan versi standarnya, hanya saja diberikan pemanis berupa stiker one way vision dengan printing HELLA. Menurutnya lampu Vantrend yang sudah berbentuk empat buah sangat cocok dengan gaya American Style 1970-an. Berikutnya ubahan lain terdapat di spion yang menjadi model tanduk menggunakan bawaan Toyota Corona.

Foto: Brian

"Di samping lis bodi ini bawaan aslinya, cuma kalau yang depan itu kustom, saya ambil dari potongan pintu belakang. Karena aslinya lis Vantrend itu enggak sampai depan, jadi saya tambahin. Sama saya tambahin lis stiker lagi di atasnya," papar Didiet.

Di bagian kaki-kaki juga mendapat banyak ubahan, meskipun masih terdapat komponen standar yang dipertahankan. Didiet menjelaskan suspensi depan penggunakan per kustom yang sesuai dengan keinginan dan tetap mempertahankan shock breaker standar. Sementara di belakang masih menggunakan per daun, namun bagian gardan ditinggikan dengan diganjal blok besi.

Foto: Brian

"Kalau pelek pakai Cragar SS, lebar depan 7 inci, belakang 8 inci, offset 0. Tapi sekarang karena pakai adapter jadi offsetnya -18. Karena pelek Cragar ini kan baut lima ya, tapi Vantrendnya baut empat. Tapi jadi masuk sih ke wide bodynya," pungkasnya.

Sisanya seperti warna masih menyesuaikan dengan STNK, namun dicat ulang menjadi Hawaiian Blue. Sementara di bagian interior menggunakan jok Ayla di bagian depan yang re-trim kembali dengan bahan Recaro. Sedangkan di bagian setir menggunakan Momo Benetton Formula1.