Bedah Modifikasi Toyota Innova Venturer, Pakai Airsus Buat Harian?

Bedah Modifikasi Toyota Innova Venturer, Pakai Airsus Buat Harian?

Toyota Innova Venturer menjadi salah satu Medium MPV yang banyak diandalkan keluarga di tanah air. Seperti yang pernah kami beritakan, Toyota Innova Venturer mendapatkan sejumlah modifikasi namun tetap dapat digunakan untuk harian. Kali ini kita akan bedah apa saja spesifikasinya sehignga tetap dapat digunakan dan fungsi MPV tetap maksimal.

Dewangga selaku pemilik Toyota Innova Venturer miliknya dimodifikasi namun tetap dapat melakukan tugas dan fungsinya sebagai MPV. Sehingga masih dapat mengangkut 7 penumpang, nyaman, dan dapat diandalkan. Hal-hal tersebut lah yang membuat Dewangga memilih Toyota Innova untuk dimodifikasi.

Foto: Brian

"Sebenarnya simpel, ingin modifikasi tapi yang enggak ekstrim juga sih, jadi bisa buat keluarga dan juga buat harian. Secara konsep sebenarnya casual sporty sih, sama family car," ucap Dewangga ketika ditemui OtoMods di AEON Sentul Ciy, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

Secara ubahan paling banyak terdapat pada kaki-kakinya yang menggunakan air suspension. Dewangga mengaku, air suspension miliknya menggunakan merek Prazis yang plug and play ke Toyota Innova Venturer. Air suspension ini memiliki airlift 3H management dan 3,5 galon air tank.

Foto: Brian

"Sebenarnya ini enggak universal, saya beli di Taiwan saya tanya bisa enggak bikin khusus untuk Venturer. Mereka menyanggupi, jadi air suspension ini enggak bisa dipakai mobil-mobil lain. Sementara kalau di Innova Venturer saya itu mudah sekali hanya plug and play," pungkas Dewangga.

Selebihnya, modifikasi Toyota Innova Venturer terdapat di bagian pelek yang menggunakan komponen Enkei R505RR berukuran 19 x 9,5 inci. Pelek tersebut dibalut oleh ban Michelin Primacy 4 berukuran 245/45. Sementara bagian pengereman juga telah diganti menggunakan Big Brake Kit dari Brembo 355 mm 4 pot.

Foto: Brian

Sisanya modifikasi terdapat di bagian tampilannya yang telah menggunakan lampu utama yang dikustom ulang. Toyota Innova Venturer ini mengandalkan Quad Laser Projector (Hyper-Vision) dengan Quad Mini laser Projector. Kemudian bagian foglamp juga menggunakan model laser dan lampu sein projektor.

"Kalau di mesin masih standar, cuma ganti pipa-pipanya saja berwarna merah dan biru. Bagian knalpot juga sudah diganti tapi dibuat kustom karena menyesuaikan bagian kolongnya. Jadi peletakkan air suspension tank itu ada di kolong, sehingga jalur knalpotnya harus kustom," paparnya.