Bedah Suzuki Katana GX Bergaya Off-Road Tapi Kinclong Sampai ke Kolong!

Bedah Suzuki Katana GX Bergaya Off-Road Tapi Kinclong Sampai ke Kolong!

Awalnya Nicho membangun Suzuki Katana miliknya bersama ayahnya ini untuk diajak bermain lumpur selayaknya fungsi mobil jip. Namun tiba-tiba saja pikirannya berubah, karena ia sudah menjadi seorang 'clean freak' yang paling anti kotor. Jangankan lumpur, ada cipratan air di bodi saja langsung gelisah rasanya.

"Makanya dimodifikasi pol, sampai rubah jadi 4x4, rombak kaki-kaki, pasang winch, dan lainnya. Sebenarnya justru gara-gara dapat pelek ini pikiran saya berubah," seru Nicho.

Foto: bautenam

Pelek yang disebutkan olehnya adalah Evocorse Dakar Zero warna gold dengan ukuran 16x7 inci. Pelek tersebut terpasang di Suzuki Katana ditemani ban BF Goodrich MT KO2 225/75R16.

Setelah pelek tersebut terpasang, ia pun sontak mengurungkan niat untuk turun offroad dengan Suzuki Katana kesayangan. "Kok sayang banget rasanya offroad pake pelek ini yaa," gelaknya. 

Foto: bautenam

Karena sudah kadung dipesan, gardan depan dengan open differential lock tetap dipasang di Suzuki Katana. Begitu pula dengan transfer case, juga lift kit yang terdiri dari drop kit dan per daun custom dari XCTOS_ pun tetap dipasang. 

Tak hanya itu, di XCTOS_ Nicho juga menambahkan transfer case protector pada Suzuki Katana miliiknya. Sekalian saja reposisi swaybar depan dan pasang steering stabilizer custom. Kolongnya bersih banget ya!

Foto: bautenam

Kemudian untuk eksterior Suzuki Katana, bumper kustom depan belakang buatan XCTOS_ juga langsung dipasang. "Bumpernya memang kelihatan slim, tapi kuat menampung winch Warn nih," serunya. 

Bahkan tatakan plat nomor belakang Suzuki Katana juga dibuat kustom yang modelnya mirip seperti bumpernya. Agar ia mudah naik ke mobilnya, sepasang foot step custom juga sudah ditambahkan di kedua sisi mobil. 

Foto: bautenam

Di dalam kabin Suzuki Katana ini, sepasang jok Recaro LX yang sudah di retrim di FAF Garage sudah terpasang berikut bracket untuk Recaro juga. Kemudian tuas transfer case dan switch untuk winch sudah terpasang rapi di dek tengahnya.

Bahkan ayahnya juga memasang sport bar 4 titik dan ceiling rack untuk menaruh barang seperti pemadam api. "Sport bar ini dipasang ke dek, tapi nggak ada melubangi area dasbor sama sekali jadi lebih rapi tapi tetap kuat," ucapnya.

Untuk pemasangan sport bar ini ia harus merelakan jok belakang dilepas karena harus dibaut ke dek. "Nggak apa, justru biar lebih kuat kan," bilang Nicho.

Foto: bautenam

Terakhir untuk mesin Suzuki Katana, terdapat modifikasi di header 4-2-1 sampai knalpot belakang dari ORD Exhaust sudah terpasang. "Tadinya pakai header 4-1, tapi kok di RPM tengah ke atas rasanya kosong, akhirnya ganti 4-2-1 ini aja," jelas pemukim di Cinere ini.

Selebihnya mesin masih standar bawaan Katana. Satu yang luar biasa, ruang mesinnya bersih banget nih!