Begini Cara Bikin Toyota Starlet Kapsul 'Akrab' Dengan Aspal, Ceper Banget!

Begini Cara Bikin Toyota Starlet Kapsul 'Akrab' Dengan Aspal, Ceper Banget!

Toyota Starlet hingga saat ini memang jadi incaran para penyuka mobil '90an. Tidak sedikit juga di antara penyuka Starlet yang hobi modifikasi. Sigit Eddy Prabowo, owner Starlet putih solid yang keren ini adalah salah satunya.  

"Starlet ini mobil idaman saya dari dulu," ujar Sigit. Starlet ini dibeli dari teman satu komunitas di Indonesian Starlet Club (ISC) Jakarta dalam kondisi sudah terpasang ragtop Webasto 400. "Saya tinggal nerusin modif lainnya," ucapnya.

Foto: bautenam

Begitu Toyota Starlet ini pindah ke rumahnya di Bandung, serangkaian proses modif pun langsung dilakukan. Pertama tentu saja adalah pelek dan suspensi yang diganti deni menghilangkan ciri khas pemilik sebelumnya.

Pelek TRD T3 putih ukuran 17x7,5+8,5 inci dengan ban Accelera ukuran 195/40R17 jadi pilihan paling pas di Toyota Starlet. "Pelek putih dengan bodi putih pasti klop kan, dan memang tuner Toyota kan, hahaha," gelaknya. TRD T3 belakangan ini memang sangat banyak dicari oleh para penyuka modifikasi mobil Toyota, utamanya yang tahun '90an.

Foto: bautenam

Selanjutnya Toyota Starlet mendapatkan modifikasi suspensi yang cukup drastis. Dari sebelumnya menggunakan suspensi statis masih pakai per dan sokbreker custom, sekarang diubah pakai airsus Airpride 2 channel. "Kandas tapi masih nyaman nih, nggak keras," bilangnya. Ini nih rahasianya!

Di eksteriornya, Toyota Starlet menggunakan sidepod Tom's dan body moulding OEM GT yang di custom ke 4 pintu. Di bagian sampingnya dipasangkan juga sideskirt Live Spot. "Sidepod Tom's itu lumayan langka barangnya lho!' serunya. Kemudian barulah sekujur bodi Starlet ini di repaint dengan Championship White agar terlihat fresh lagi.  

Foto: bautenam

Di interior Toyota Starlet, jok Recaro Classic dipasang berikut penambahan armrest dan karpet OEM Starlet GT. Komponen audio juga sudah menggunakan Pioneer. Lalu speedometer diganti dengan OEM Starlet versi Eropa dan sudah menggunakan indikator matik. 

Matik? "Yap, Starlet ini pas saya beli sudah diswap dengan transmisi matik OEM Starlet 3 speed, jadi nggak capek, hahaha," gelaknya. Bahkan mounting matic dan bracket mounting matic pakai OEM EP82. Termasuk tuas matik, kabel matik, dan kabel kick down ke karburator OEM EP82. Tinggal gas aja nih!

Foto: bautenam

Sekarang Starlet kapsul Sigit ini jadi salah satu maskot komunitas Indonesian Starlet Club (ISC) Bandung. Sudah pasti, keren pake banget soalnya!