Bikin Honda Grand Civic Ala-ala Sleeper, Mesinnya Sangar!

Bikin Honda Grand Civic Ala-ala Sleeper, Mesinnya Sangar!

Honda Grand Civic memang salah satu mobil sedan yang meramaikan pasar otomotif Indonesia di tahun 90-an. Terlebih Honda Grand Civic milik Aryo Kusumo Aji ini, bisa bikin mata para pecinta Honda nggak berkedip. Keren, mulus, bersih luar dalam, dan kencang juga!

"Jadi awalnya gue dapat mobil ini sekitar akhir tahun 2010 gue lihat di salah satu situs jual beli mobil Grand Civic ini dijual, semua bagus dan mesin swap pakai mesin B16A," kenang Aji. 

Foto: bautenam

Enggak pakai lama, Aji pun langsung membayar Honda Grand Civic itu setelah melihatnya langsung. "Gue beli karena mesinnya itu, kencang dan bandel," serunya. Memang mesin B16A masih banyak digunakan oleh tuner dan Honda enthusiast walaupun sudah ada penggantinya yaitu K-series engine. 

Begitu pindah ke tangannya, Aji tetap menerapkan konsep "sleeper" pada Honda Grand Civic sampai saat ini. Tampilan luar kelihatan kalem tapi punya mesin yang kencang. "Nggak terlalu kalem juga sih luarnya," gelaknya.

Foto: bautenam

Eksterior pada Honda Grand Civic hanya ada penambahan ducktail dan lips depan juga washer lamp. Untuk pelek, Aji memasangkan Enkei Competition 15 inci plus ban Yokohama S-Drive.

Lalu suspensi standar Honda Grand Civic dimodif pakai per lansiran dari H&R. Di sisi lain juga dipasangkan strutbar depan GAB Sport dan belakang pakai Tanabe. "Ceper dan stabil," bilangnya.

Foto: bautenam

Perihal interiornya, jok Recaro LX Modular berikut setir Recaro sudah terpasang di dalam Honda Grand Civic. Tak lupa pria berkaca mata ini juga menambahkan Honda Access Roof Console. 

Sampai saat ini, tepatnya 12 tahun kemudian, Grand Civic ini masih awet di tangan Aji. "Grand Civic ini mobil idaman saya sejak kecil dulu, jadi nggak akan dijual," tutupnya