Bikin Mitsubishi Lancer GTI untuk Rally, Enggak Butuh Part Mahal?

Bikin Mitsubishi Lancer GTI untuk Rally, Enggak Butuh Part Mahal?

Emmanuelle Amandio merupakan drifter yang memiliki segudang prestasi dalam beragam ajang balap. Namun meskipun dikenal di dunia drifting, Amandio memulai karirnya sebagai pembalap rally terlebih dahulu. Kini, Amandio kembali menghidupkan mobil balap rally miliknya yakni Mitsubishi Lancer GTI untuk mengikuti kejuaraan.

Amandio mengandalkan Mitsubishi Lancer GTI tahun 1993 yang memiliki mesin 1.800 cc. Mengenai modifikasinya, Amandio menyebutkan masih banyak mengandalkan komponen standar pada mobil tersebut. Termasuk mesin yang masih menggunakan kode mesin 4G93, hanya saja telah mendapatkan balance dan porting polish.

Foto: Brian

"Mesin sih sebenarnya ini 1.800 cc 4G93 standar, karena kita main dulu pakai di rally panjang dan sprint, jadi kita masih standar. Memang enggak terlalu kencang, tetapi lebih ke durable," ujar Amandio ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Sentul, Jawa Barat.

Amandio menyebutkan lebih memfokuskan kepada kekuatan di kaki-kaki Mitsubishi Lancer GTI miliknya. Seperti di bagian diferensial telah menggunakan Limited Slip Diferensial (LSD). Kemudian suspensinya menggunakan merek drummond yang keluaran lama.

Foto: Brian

"Terus sisanya masih standar ini, arm standar paling bushing-bushing saja yang sudah diganti. Bahkan pelek juga pakai OEM saja, punya pelek Pencer GTI sementara ini. Sistem pengereman semua, belakang standar, cuma yang di depan pakai Subaru GC8," paparnya.

Menurutnya kaliper Subaru GC8 memiliki ukuran pot yang lebih besar dan memiliki banyak sparepart di pasaran. Sehingga dari segi harga akan lebih murah dibandingkan mengambil milik Mitsubishi Lancer Evolution. Demi menambah daya tekan dan kestabilan pengereman, Amandio menggunakan selang braided.

Foto: Brian

Pada sistem pendinginan, Amandio hanya menggunakan radiator yang lebih besar dengan kipas tambahan. Kemudian mesin dipakaikan Dastek Q+ yang merupakan keluaran terbaru. Dengan semua ubahan tersebut, Amandio menyebutkan tenaga yang dihasilkan ternyata tidak terlalu besar.

"Sisanya standar saja, bodi-bodi masih original paling kaca saja diganti pakai polycarbonat untuk menyesuaikan regulasi. Bahkan horsepowernya cuma 108 hp saja. Bensin masih pakai Pertamax Turbo, karena dulu tim kecil saat pertama kali rally jadi masih ada Pertamax," pungkas Amandio.