Bikin Mobil Drift Perlu Pakai Ban yang Lebih Lebar?

Bikin Mobil Drift Perlu Pakai Ban yang Lebih Lebar?

Membangun mobil drifting tentu harus melakukan modifikasi di banyak sektor. Bukan hanya mesin, kaki-kaki juga harus menjadi perhatian dari pemilik mobil. Di bagian kaki-kaki pun banyak hal yang harus diperhatikan lebih lanjut, salah satunya adalah ban.

Seperti Akbar Rais yang menggunakan ban dengan tapak lebar pada BMW M6 miliknya. Di sektor kaki-kaki, Akbar Rais mengandalkan pelek HSR RAI S2 dengan lebar 9 inci di depan dan 10 inci di belakang. Sementara pelek tersebut dibalut dengan ban yang cukup lebar untuk sebuah mobil drift.

"Ukurannya 18 inci lebar 9 inci di depan 10 inci di belakang. Pengereman pakai Big Brake Kit (BBK) 6 pot di depan dan double kaliper di belakang. Kaki-kaki ini dilebarin lagi pakai spacer 4 cm di depan dan 6 cm di belakang. Sementara ban cukup lebar yakni 245/40 di depan dan 285/40 di belakang," pungkas Akbar Rais ketika ditemui OtoMods di Karawaci, Banten.

Foto: Brian

Ukuran kaki-kaki yang cukup lebar dan tapak ban yang besar tentu membuat grip mobil lebih besar. Sementara dalam mobil drift, dibutuhkan grip yang sedikit lemah agar mobil bisa sliding saat bermanuver. Lantas apa alasan Akbar Rais memilih ban yang cukup lebar?

"Justru saya nyari grip, karena grip itu di overcome sama tenaga mesin. Jadi kalau mesin lebih kecil tenaganya mungkin pakai ban yang lebih kecil. Tapi karena mesinnya tenaganya besar sekali, maka pakai ban yang lebih lebar dan dengan ban yang lebih grip lagi," pungkasnya.

Foto: Brian

Sebagai tambahan informasi, BMW M6 milik Akbar Rais telah menggunakan mesin dari 2JZ Toyota Supra. Mesin tersebut terbilang masih standar, hanya saja terapat beberapa komponen pendukung yang ditingkatkan. Seperti turbo dibuat lebih besar, camshaft ditingkatkan, injektor diganti, hingga paking.

Hasilnya modifikasi mesin tersebut mampu mendongkrak tenaga hingga 400 WHP. Sementara jika dilihat keluaran tenaga dari mesinnya langsung diperkirakan mencapai 500-600 Hp. Sedangkan mesin Toyota Supra standar saja hanya mampu mengeluarkan tenaga 220 Hp.