Bikin Mobil Drift, Power Steering Harus Dipakai Pendingin?

Bikin Mobil Drift, Power Steering Harus Dipakai Pendingin?

Membuat mobil drift bukanlah perkara mudah, mengingat mesinnya harus memiliki performa tingg. Namun bukan hanya di mesin saja, persoalan kaki-kaki hingga ke kendali mobil juga harus dipikirkan. Salah satunya adalah power steering yang harus dilakukan modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan drifting.

Akbar Rais selaku drifter ternama di Indonesia menyebutkan modifikasi power steering di mobil BMW M6 miliknya dipasangkan pendingin. Sehingga jika dilihat di bagian depan mobil, terdapat tiga pendingin. Mulai dari intercooler untuk turbo, oil cooler, dan power steering cooler.

Foto: Brian

"Radiator di belakang, jadi di depan itu intercooler saja. Di depan intercooler ada oil cooler sama power steering cooler. Kenapa pakai power steering cooler, karena drifting sangat bermain dengan steering. Supaya umur pompanya makin panjang, makanya pasang power steering cooler," ujar Akbar saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Tangerang.

Akbar yang cukup berpengalaman membangun mobil drifting, merasa power steering cooler sangat perlu. Terutama dalam membangun mobil dengan mesin Toyota Supra MK4 yakni 2JZ. Berdasarkan pengalamannya, belt power steering sering lompat dari posisinya.

Foto: Brian

"Pengalaman kita bangun 2JZ sih begitu, karena beltnya sering lompat kan dia jadi satu sama power steering. Makanya di bawah gua tambahin lagi di bawah untuk memperkuat struktur," paparnya.

Selain itu Akbar juga menggunakan monokok milik BMW E46 pada M6 miliknya. Ditambah dengan pemasangan angle-kit agar ban depan mobil dapat belok lebih banyak. Sehingga struktur di mobil BMW M6 miliknya memang sudah benar-benar berubah dari standarnya.