Bikin Modifikasi Mobil Motorhome, Hanya Bisa Pakai Double Cabin?

Bikin Modifikasi Mobil Motorhome, Hanya Bisa Pakai Double Cabin?

Modifikasi Nissan Navara Motorhome telah kami bahas dalam beberapa artikel belakangan ini. Modifikasi ini cukup menarik karena mengubah mobil menjadi memiliki fasilitas yang memadai seperti rumah. Lantas untuk membuat modifikasi motorhome, mobil apa saja yang dapat dipakai?

Stefan Arman selaku Direktur Teknik Karoseri Laksana menyebutkan selain Nissan Navara terdapat beberapa mobil lain yang dapat digunakan. Dirinya mencontohkan beberapa merek Jepang seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Menurutnya mobil yang dapat diubah menjadi motorhome harus dari basis double cabin saja.

Foto: Brian

"Mobil lain bisa, yang sudah kita siapkan itu adalah Hilux kemudian Tritton. Tapi kalau ada yang pakai Ford atau apa, harusnya bisa, mungkin harus ada development rancang bangun sebagainya. Memang hanya bisa double cabin, kalau enggak pakai apa dong?," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods di GIIAS 2022 beberapa waktu lalu.

Stefan menyebutkan untuk membangun sebuah Motorhome, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh konsumen. Pertama adalah mengetahui spesifikasi interior yang ingin dimiliki dan dikerjakan oleh Baze. Setelahnya jika semua fitur telah dimiliki, baru Karoseri Laksana membuat sasis, memperkuat suspensi, dan membuat bodi-bodinya.

Foto: Brian

"Pengerjaan itu paling cepat 3 bulan, itu kalau tidak ada kendala ya. Sementara kalau harga bikin itu Rp 700 juta, belum termasuk mobil. Jadi konsumen datang harus bawa mobilnya yang ingin dijadikan motorhome, nah biaya bikinnya itu Rp 700 juta," pungkas Stefan.

Secara fasilitas, Nissan Navara Motorhome tersebut memiliki beragam fitur yang mendukung untuk keperluan kemah. Mulai dari tempat tidur untuk 4 orang, ruang kumpul lengkap dengan meja, dapur, dan kamar mandi. Stefan menyebutkan modifikasi dari Karoseri Laksana mendapatkan garansi hingga 1 tahun.