Bikin Nissan Navara Motorhome Bisa Pakai Mesin Standar?

Bikin Nissan Navara Motorhome Bisa Pakai Mesin Standar?

Nissan Navara yang telah dimodifikasi menjadi sebuah motorhome oleh Karoseri Laksana telah kami ulas dalam beberapa artikel. Kali ini kami akan membahas lebih jauh soal mesin dari mobil double cabin tersebut. Setelah menjadi sebuah motorhome, mungkinkah mesinnya masih bisa pakai standar?

Stefan Amran selaku Direktur Teknik Karoseri Laksana menyebutkan Nissan Navara Motorhome masih menggunakan mesin standarnya. Tidak terdapat modifikasi di bagian mesin, menurutnya masih dapat digunakan dengan modifikasi di bagian belakangnya. Stefan menuturkan jika terdapat modifikasi di komponen Nissan Navara justru lebih banyak di bagian suspensinya.

Foto: Brian

"Mesin enggak ada ubahan, masih standar, kemungkinan ada ubahan di suspensi saja yang diperkuat sedikit. Makanya tergantung dari spesifikasi yang konsumen mau, pasti ada adjustment sedikit disitu," ujar Stefan ketika ditemui OtoMods di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu.

Stefan menyebutkan, jika konsumen tidak ingin terlalu banyak penyesuaian, dapat membangun motorhome sesuai dengan dimensi originalnya. Dengan demikian, konsumen tidak perlu melakukan uji tipe ulang karena masih sesuai standar. Stefan sendiri menyebutkan pihaknya masih dapat membuat motorhome dengan spesifikasi terbatas itu.

Foto: Brian

"Ya kalau mau enggak pakai uji tipe itu bisa bikin sesuai dengan dimensi standarnya. Jadi tambahan-tambahan untuk motorhomenya itu tidak melebihi dimensi keluaran pabrikan. Untuk membangun itu kami memang sudah punya kok blueprintnya, rangkaian kerjanya ada," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Nissan Navara Motorhome ini dikerjakan oleh dua pihak yakni Karoseri Laksana dan Baze. Laksana mengerjakan bagian eksterior, sasis, serta suspensi, sementara Baze banyak mengerjakan bagian interiornya. Untuk membuat sebuah motorhome seperti Navara, disebutkan menghabiskan uang sampai Rp 700 jutaan.