BMW E39 Station Wagon Modifikasi Stance dan Mesin Supercharged

BMW E39 Station Wagon Modifikasi Stance dan Mesin Supercharged

BMW Seri 5 E39 Touring alias Station Wagon merupakan mobil yang nyaman. Namun bagi sebagian orang, versi standar dari mobil ini sangat membosankan, sehingga perlu dimodifikasi. Seperti Sergey Ananic yang memodifikasi E39 Station Wagon dengan gaya Stance dan mesin supercharged.

Dilansir dari SpeedHunter, Sergey membawa BMW E39 540i Touring untuk dimodifikasi. Bagian body dicat ulang menggunakan warna Atlantis Blue yang memberikan kesan warna biru cerah. Bagian kap mesin cukup mencolok karena sedikit terbuka yang menunjukkan konfigurasi V8-nya.

SpeedHunters

Masih di bagian eksterior, BMW E39 540i Touring ini mendapatkan fender yang dibuat lebih lebar 40 mm di depan dan 90 mm di belakang. Sementara bagian peleknya menggunakan Work VS-XX diameter 19 inci dengan lebar yang berbeda. Pelek depan memiliki lebar 12,5 inci dan belakangnya memiliki lebar 14 inci.

Mesin donor S62 diandalkan oleh Sergey pada BMW E39 540i Touring yang dimodifikasinya. Mesin disegarkan kembali dan melakukan beberapa penyetelan di silinder. Kemudian Sergey memasangkan kit supercharge ESS VT-560 pada mesin tersebut.

SpeedHunters

Agar mesin dapat bernafas dengan baik, Sergey membuat sistem pembuangan khusus dari manifold hingga knalpot. Injektor juga dibuat lebih besar serta ECU standar yang diremap. Hasilnya mesin mampu mengeluarkan tenaga 640 hp dan torsi 510 Nm.

Demi menunjang performanya, BMW E39 540i Touring ini mendapatkan sistem suspensi coilover. Kemudian bagian kaki-kakinya sedikit dichamber oleh Sergey agar menyesuaikan jarak fender ke pelek.