BMW E9 Pakai Bodykit Batmobile Pakai Tenaga Listrik dari Tesla

BMW E9 Pakai Bodykit Batmobile Pakai Tenaga Listrik dari Tesla

BMW E9 3.0 CSi tahun 1975 merupakan salah satu mobil klasik yang sudah jarang ditemui. Namun kali ini terdapat builder yang membangun kembali mobil ini dengan menggunakan body kit 'Batmobile'. Batmobile sendiri merupakan nama khusus untuk kendaraan superhero pemberantas kejahatan yakni Batman.

Dilansir dari SupercarBlondie, Richard Morgan dari Electric Classic Cars merupakan perusahaan yang memodifikasiBMW E9 tersebut. Awalnya BMW E9 tersebut ditemukan dalam kondisi yang sangat mengerikan. Karena disimpan dalam gudang dengan atap yang bocor, membiarkan air masuk ke interior melalui sunroof yang tidak tertutup selama beberapa dekade.

Foto: SupercarBlondie

"Itu adalah mobil yang lengkap, tapi juga keranjang yang lengkap. Saya akan mengatakan bahwa mungkin bagian termudah dari pembuatannya adalah konversi listrik. Karena restorasi pada BMW E9 bukanlah hal kecil seperti yang akan diketahui oleh siapapun yang melakukannya. Mobil itu cukup rumit karena dibuat oleh karmann, bukan oleh BMW," ujar Moggy sapaan akrab Morgan.

Setelah pengerjaan bodywork selesai, Moggy memasangkan motor listrik berkekuatan 450 hp dari Tesla. Kemudian bagian kaki-kaki ditingkatkan dengan suspensi coilover yang membuat rasa berkendaranya berubah secara drastis. Moggy sendiri mengaku, mobil ini sudah tidak terasa nuansa klasiknya, namun lebih mirip dengan BMW modern.

Foto: SupercarBlondie

"Rasanya seperti BMW modern yang luar biasa. Berbelok di tikungan, berakselerasi seperti kucing yang tersiram air panas. Ini mobil yang luar biasa untuk dikendarai," pungkasnya. Tidak heran karena Moggy menyebutkan untuk berlari 0-97 km/jam membutuhkan waktu kurang dari 4 detik saja.

Sebagai tambahan informasi, BMW E9 memiliki sejarah panjang hingga disebut sebagai Batmobile. Mengingat mobil ini memiliki sayap belakang yang besar dan banyak perangkat lainnya. Sehingga jika dilihat sekilas sangat mirip dengan Batman yang cukup terkenal.

BMW E9 yang dibangun oleh Moggy ini pun dilelang melalui situs Bonhams. Diperkirakan mobil tersebut akan laku terjual antara 215.600 USD hingga 246.400 USD. Angka tersebut setara dengan Rp 3,2 miliar hingga Rp 3,6 miliar.