Cara Bikin Toyota Fortuner Bermesin Bensin 2.700 cc Bisa Tembus 400 HP

Cara Bikin Toyota Fortuner Bermesin Bensin 2.700 cc Bisa Tembus 400 HP

Secara umum, para pemilik Toyota Fortuner bensin mengatakan kalau mesin 4 silinder 2.7L bawaannya memang kurang responsif alias lemot. Berbeda dengan yang bermesin diesel, cukup responsif dan lebih enak diajak ngebut. 

Nah, untuk meningkatkan performa mesin bensin Toyota Fortuner ini, MAD mengirim mobilnya ke REV Engineering di bilangan Kedoya, Jakbar. "Pesan saya pengin Fortuner bensin ini nggak lemot, bisa kencang dan lebih fun to drive," tutur MAD. 

Foto: bautenam

Langsung aja oleh Teddy selaku bos REV Engineering, Toyota Fortuner bensin tersebut dimodifikasi di sektor mesinnya. Pertama adalah pemasangan turbo kit dari BorgWarner EFR 6758 sudah disiapkan berikut Mishimoto Type M intercooler. 

Sebelum turbo dipasang di Toyota Fortuner bensin, beberapa part internal mesin seperti piston forged Arias, conrod forged Pauter, dan lainnya sudah masuk ke blok mesinnya. "Kompresi juga diturunin supaya boost turbo bisa cukup besar," jelasnya.

Foto: bautenam

Lalu intake manifold dari Toyota Fortuner bensin dibuatkan khusus dengan kustom. Untuk saluran gas buang, exhaust system custom dengan pipa 3 inci dan Race Catalytic Converter 100 cpi langsung dipasang. "Dengan part ini, gas buangnya tetap terjaga...jadi nggak bau dan nggak kotor," jelasnya.

Kemudian transmisi matik bawaan Toyota Fortuner bensin dimodifikasi menggunakan TransGo untuk mengimbangi power mesin yang sudah jauh lebih bertenaga. Hasilnya, "Dengan boost 1,6 bar, mobil ini jadi lebih enak digeber dan makin fun to drive, hahaha," gelak MAD. 

Foto: bautenam

Karena power mesin Toyota Fortuner bensin sudah jauh meningkat, maka sektor pengereman dan suspensi harus ditingkatkan juga agar lebih aman ketika bermanuver. 

Rem depan diganti dengan BBK Greddy 380mm 6 pot dan belakang 355mm 4 pot, "Belakang itu custom order karena aslinya masih tromol," jelasnya lagi. Untuk selang rem dipercayakan pada Goodridge.

Foto: bautenam

Lalu untuk modifikasi suspensinya, coilover Tein Street Advanze Z dan under chassis body braces dari Ultra Racing juga dipasang agar lebih stabil dan mantap handlingnya saat bermanuver. 

Barulah terakhir pelek Volk Rays TE37 20x9,5 inci dengan ban Yokohama Parada X 285/50R20 langsung dipasang agar tampilannya makin keren. "Gripnya enak dan handlingnya luar biasa stabil," serunya.