Cuma Ganti Turbo, Honda Civic Jadi Punya Mesin Lebih Kencang

Cuma Ganti Turbo, Honda Civic Jadi Punya Mesin Lebih Kencang

Honda Civic Turbo memang menjadi salah satu sedang kencang buatan pabrikan Jepang. Kali ini terdapat mobil yang sama dengan kreasi AZC Original, Thailand, yang melakukan modifikasi di bagian mesinnya. Menariknya, modifikasi kali ini mengganti turbo bawaan pabrikan dengan merek aftermarket yang lebih bertenaga.

Dilansir dari XO-Autosport, Honda Civic Turbo telah mendapatkan turbo GReddy TD05 yang lebih bertenaga. Namun penggantian komponen turbo turut didukung oleh peningkatan pada komponen lainnya. Bahkan ubahan hingga ke dalam internal mesin Civic Turbo untuk penguatan.

Foto: XO-Autosport

Disebutkan di internal mesin Honda Civic Turbo ini telah menggunakan connecting rod JDMT, gunanya adalah sebagai penahan boost dari turbo. Kemudian pada komponen hardware lainnya juga ditingkatkan seperti westgate TiAL, blow off-valve dari GReddy, serta intercooler alumunium dari AZC. Bagian knalpot juga telah diganti dengan model full system dari AZC, meliputi down pipe, front poipe, dan muffler berbahan titanium.

Usai ubahan-ubahan tersebut, manajemen mesin dari Honda Civic Turbo itupun telah diganti agar menyesuaikan spesifikasi. AZC mengandalkan Electronic Control Unit Stand Alone dari Datatech V5. Dengan sejumlah peningkatan tersebut, mobil Jepang itu telah menghasilkan tenaga lebih dari standarnya.

Foto: XO-Autosport

Sayang, informasi dari peningkatan tenaga Honda Civic Turbo ini tidak dapat dilaporkan. Namun terdapat beberapa modifiaksi lainnya untuk mengetahui keadaan mesin seperti gauge meter dari GReddy Sirius. Kemudian terdapat boost adjustment GReddy Profect.

Honda Civic Turbo ini juga mendapatkan peningkatan di bagian pengereman dan kaki-kaki, mengingat hal ini harus disesuaikan karena peningkatan signifikan di bagian mesin. Pada kaki-kakinya mengandalkan suspensi Silver Neo Max S dengan pelek Enkei RS05 RR yang dibalut ban Toyo Proxes R1R berukuran 225/40 R18. Sementara untuk pengeremannya menggunakan big brake kaliper dari Brembo F50.