Daihatsu Xenia V8, Banyak Penyesuaian Sampai Pakai Komponen Motor!

Daihatsu Xenia V8, Banyak Penyesuaian Sampai Pakai Komponen Motor!

Daihatsu Xenia milik Om Mobi banyak dikenal oleh warganet karena memiliki dapur pacu yang sangat gahar yakni 1UZ-FE V8 4.000 cc. Mesin ini merupakan lansiran dari Lexus, sehingga masih memiliki jantung dari Jepang. Lantas untuk memasang mesin tersebut, kira-kira apa saja yang harus disesuaikan?

Om Mobi menyebutkan untuk memasang mesin Lexus tersebut, firewall pada engine bay harus dirombak kembali. Jika hal ini tidak dilakukan, maka 1UZ-FE tidak akan muat masuk ke ruang mesin Daihatsu Xenia. Selain itu tentunya engine mounting harus diperhitungkan kembali agar tidak terjadi kesalahan.

Foto: Brian

"Makannya kalau dilihat nih, firewall di belakang mesin ini kami jebol lagi supaya mesin 1UZ-FE ini muat masuk ke Xenia. Jadinya nanti kalau duduk di kursi pengemudi, kaki kiri rasanya sempit karena memang ruangannya terpakai untuk mesin ini," ujar Om Mobi ketika ditemui tim OtoMods di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain dari ruangan mesin, beberapa komponen pun disesuaikan kembali salah satunya di bagian kaki-kaki. Om Mobi menyebutkan karena 1UZ-FE ini penggerak belakang, maka area gardan dikuatkan kembali. Sebelumnya gardan menggunakan LSD, namun karena tidak kuat saat dipakai slalom, sehingga dilas.

Foto: Brian

"Tadinya gardan LSD, tapi karena pas kita main slalom dia enggak kuat jadinya dilas. Kemudian shockbreaker belakang kita ganti pakai komponen motor yaitu Kawasaki D-Tracker. Jadi suspensi belakang itu pakai monoshocknya motor," lanjutnya.

Sementara untuk mengatasi tenaga yang sudah semakin besar dari mesin 1UZ-FE V8 4.000 cc. Komponen pengereman pada Daihatasu Xenia ini pun ditingkatkan dengan menggunakan disc brake Honda HR-V di depan. Sementara untuk komponen pengereman belakang juga sudah mendapatkan ubahan yang lebih kuat daripada standarnya.