Dari Drifting, Cerita Amandio Bangun Mitsubishi Lancer GTI untuk Rally

Dari Drifting, Cerita Amandio Bangun Mitsubishi Lancer GTI untuk Rally

Emmanuelle Amandio dikenal sebagai pembalap drifting yang profesional baik secara nasional maupun internasional. Meskipun memiliki nama besar di balap drifting, ternyata Amandio membangun Mitsubishi Lancer GTI miliknya dengan spesifikasi rally. Lantas bagaimana cerita perjalanan Mitsubishi Lancer GTI tersebut hingga dibangun untuk mobil rally?

Amandio sapaan akrabnya pernah bertanding di balap rally sebelum akhirnya masuk ke dunia drifting. Sehingga Mitsubishi Lancer GTI yang digunakannya merupakan mobil balapnya dahulu kala. Saat ini karena ingin bertanding di balap rally lagi, Lancer GTI tersebut dihidupkan dan dipersiapkan kembali.

Foto: Brian

"Sebenarnya singkat cerita sih ini memang mobil lama saya dahulu, mobil pertama kali balap lah. Kan memang pertama kali balap itu di rally ya dan mobil ini menurut saya kenapa bisa drifting juga karena mobil ini. Ini adalah Lancer GTI tahun 96, 1.800 cc, stock engine, ya standar buat rally lah," ujar Amandio beberapa waktu lalu saat ditemui OtoMods di Bogor.

Secara spesifikasi, Mitsubishi Lancer GTI milik Amandio masih terbilang cukup standar. Namun beberapa perangkat diperkuat kembali agar tahan dengan lintasan rally yang cenderung tidak merata. Sementara di bagian mesin tidak mendapatkan banyak ubahan dan masih sesuai dengan bawaan yakni 4G93.

Foto: Brian

"Mesin sih sebenarnya ini 1.800 4G93 standar, karena kita main dulu pakai di rally panjang dan sprint, jadi kita masih standar. Memang enggak terlalu kencang, tapi lebih ke durable. Suspensi pakai drummond, ini juga yang tua yang reboundnya gitu enggak ada, jadi masih benar-benar konvensional. Terus sisanya masih standar, arm standar, paling bushing saja," pungkasnya.

Amandio memang menyebutkan Mitsubishi Lancer GTI dibangun dengan mengandalkan dirabilitas. Sehingga penguatan di sasis dan juga pemasangan rollbar menjadi fokus utama. Modifikasi tersebut sudah cukup aman untuk rally, bahkan jika mobil terbalik sekalipun.