Gokil Nih Ferrari 308 GTBi Dipasok Mesin K24 dari Honda, Bertenaga 1.000 DK!

Gokil Nih Ferrari 308 GTBi Dipasok Mesin K24 dari Honda, Bertenaga 1.000 DK!

Ferrari dikenal sejak dahulu sebagai pembuat mobil kencang dan legendaris. Salah satu mobil legendarisnya adalah Ferrari 308 GTBi yang sangat ikonik. Namun ditangan orang yang terlalu kreatif, mobil ini dipasangkan mesin K-Series dari Honda yang merupakan pabrikan Jepang.

Dari segi modifikasi mobil Italia yang dipasangkan jantung mobil Jepang tentunya sudah sangat nyeleneh. Proyek ini pun dikerjakan oleh Mike Burroughs yang merupakan founder Stanceworks. Proyek yang sangat kontroversial ini pun dilaporkan berawal dari kerumitan menjaga keaslian mobil Ferrari.

Foto: Speedhunters

Dilansir dari Speedhunters, akhirnya mesin Honda K24 dipasangkan pada Ferrari 308 GTBi. Artinya mesin bawaan V8 2.900 cc dilepas dan digantikan dengan mesin K24A2 copotan Acura TSX. Mesin tersebut memiliki kapasitas 2.400 cc dengan konfigurasi 3-silinder segaris.

Pemasangan mesin K24 pada Ferrari 308 GTBi sukses dan sejumlah komponen ditingkatkan untuk mendongkrak performanya. Mulai dari engine mounting transversely, low-profile valve cover dari Skunk2, hingga turbo Garrett G42-1200 turut dipasang. Bagian pipa pun ditingkatkan dengan bahan alumunium agar optimal menjaga temperatur.

Foto: Speedhunters

Sistem pendinginan mesin juga turut dimaksimalkan, mulai dari radiator CSF, ventilasi besar di bagian kap mesin berbahan karbon pun dipasang. Kemudian transmisi menggunakan girboks sequential 5-percepatan buatan Qualife QKE8J. Dengan sejumlah ubahan tersebut, mesin K24 pada Ferrari 308 GTBi ini mampu menghasilkan 1.000 dk.