Jarang di Jalanan, Modifikasi Toyota Isis Banyak Komponen Langka

Jarang di Jalanan, Modifikasi Toyota Isis Banyak Komponen Langka

Pada saat pabrikan Toyota meluncurkan MPV mewah ini di awal tahun 2000-an, mungkin tak pernah terpikir kalau nama mobil ini bakal jadi kontroversial. Begitu pun dengan para importir umum yang memasukan dan menjual mobil ini di Indonesia.

Benar, nama Toyota Isis ini pasti banyak membuat orang heran bahkan mungkin ada yang 'emosi' melihat namanya. Meskipun ada juga yang tersenyum sinis melihatnya. Pastinya nggak usah disebutkan juga kenapa sebabnya ya! 

Foto: bautenam

Hal itulah yang dirasakan Irsan Miryawan, owner MPV yang berstatus CBU ini. "Saya pernah sampai diberhentikan polisi di jalan tol karena lihat nama Isis ini! Hahaha," gelak Irsan. Namun setelah melihat surat-suratnya, pak Polisi pun membolehkan Irsan jalan kembali. 

Meski begitu, Irsan tetap bersemangat membuat mobilnya ini tampil beda. "Isis ini populasinya memang nggak banyak di Indonesia, hal itu malah lebih menantang untuk dimodifikasi," tuturnya.

Foto: bautenam

Yang pasti pelek Toyota Isis jadi incaran pertama diganti oleh Irsan. Pelek standar langsung dilungsurkan dan pelek WedsSport TC005 berukuran ukuran 17x7,5 inci dengan ban GT Radial GTX Pro ukuran 225/45R17 pun segera dipasang. 

Lalu untuk suspensinya, racikan Midun Jaya Spring pun menjadi andalan di kaki-kakinya. "Sokbreker depan belakang custom, per depan pake Toyota Rush dan belakang pake punya sedan Eropa," jelasnya.

Foto: bautenam

Modifikasi di eksterior, paling kelihatan adalah roofrack Thule OEM untuk Toyota Isis berikut Thule Bike Rack Proride 591. Roofrack tersebut dipasangkan Thule Roof Box XT Motion Alpine White Edition di atapnya. "Nyari roofrack OEM ini nggak gampang, untung masih bisa dapat," ujarnya lega. 

Selebihnya ia melengkapi emblem dan stiker orisinal Toyota Isis dari Toyota Jepang. Seperti emblem Platana dan Valve Matic, stiker Japan DOG Community, sampai door visor OEM Toyota Isis!

Foto: bautenam

Terakhir adalah modifikasi di interior Toyota Isis ini. Jok depan belakang sudah dilapisi cover OEM untuk Toyota Isis warna putih khas Jepang. "Kerennya lagi, saya dapat cover yang ada label SRS Side Airbag Edition, rare banget!" seru pria 30 tahun ini.  Bahkan ia juga berhasil mendapatkan karpet OEM, center console box, juga trash tray box OEM Isis.

Ngomong-ngomong, sudah keren begini masih 'dinyinyirin' orang di jalan nggak? "Masih ada 1-2 orang yang suka ngelihat Isis ini dengan tatapan 'aneh' gitu...mungkin itu tatapan kagum kali ya! Hahaha," gelaknya. Bener juga!

Foto: bautenam