Kesulitan Modifikasi Toyota Innova Venturer untuk Digunakan Harian

Kesulitan Modifikasi Toyota Innova Venturer untuk Digunakan Harian

Modifikasi Toyota Innova Venturer sudah OtoMods bahas dalam banyak artikel. Mobil yang satu ini memang memiliki konsep yang unik, yakni tampil racing namun tetap dapat difungsikan sebagai MPV 7-seater. Lantas apa kesulitan dalam memodifikasi mobil tersebut namun tetap bisa digunakan 7 penumpang?

Dewangga selaku pemilik Toyota Innova Venturer tersebut menyebutkan, modifikasi paling rumit ada di bagian lampu. Modifikasi yang satu ini memang tidak memiliki hubungan dengan penggunaan mobil dalam 7 penumpang. Namun secara pemasangan modifikasi lampu tersebut lah yang menurutnya paling rumit.

Foto: Brian

"Yang paling sulit sebenarnya lampu sih, karena saya masukin mini Proji di dalam headlamp. Karena kan rata-rata biasanya di bagian grill gitu kan, tapi jadinya ramai dan kelihatan berantakan. Nah kalau seperti itu saya enggak mau dan enggak suka," ujar Dewangga ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Bogor, Jawa Barat.

Dewangga menyebutkan selain pada lampu, beberapa modifikasi yang menyulitkannya adalah di bagian knalpot. Pasalnya jalur knalpot harus diubah dari versi standarnya, mengingat terdapat tabung suspensi udara yang diletakkan di kolong mobil. Alasan tabung tersebut diletakkan di luar dikarenakan menginginkan ruangan di bagian kabin yang lebih leluasa ketika membawa 7 penumpang.

Foto: Brian

"Karena tabung suspensi udaranya ditaruh di bawah bodi, kalau di dalem penuh. Makanya harus kustom knalpotnya full system, bawaannya dilepas. Jadi enggak bisa pakai aftermarket karena ada tabung suspensi udara tuh. Jadi belokan pipanya beda, sehingga si bengkel knalpot harus buat jalur baru lagi," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Dewangga menggunakan suspensi udara Prazis pada Toyota Innova Venturer miliknya. Dirinya mengaku, langsung melakukan pemesanan ke Taiwan agar dapat plug and play pada mobil kesayangannya itu. Secara dana, total uang yang dihabiskan pada Medium MPV tersebut mencapai harga 1 unit Innova baru.