Mazda MX-5 Miata Adopsi Supercharger Bikin Tenaganya Jadi 250 DK!

Mazda MX-5 Miata Adopsi Supercharger Bikin Tenaganya Jadi 250 DK!

Mazda MX-5 atau kerap dikenal sebagai Miata menjadi mobil sport kecil dari pabrikan Jepang. Model terbarunya kini mendapatkan modifikasi performa yang digarap oleh tuner asal Inggris. Kali ini, Mazda MX-5 mendapatkan modifikasi yang mampu memaksimalkan potensi mesinnya dengan mengandalkan Supercharger.

Dilansir dari Motor1, BBR selaku tuner asal Inggris mengawinkan dapur pacu Mazda MX-5 yang memiliki mesin 2.000 cc N/A dengan supercharger. Jika dalam spesifikasi standarnya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak di 184 dk dan torsi maksimal di 205 Nm. Mesin tersebut pun kemudian dikawinkan dengan supercharger Rotrex lewat paket Stage 1.

Foto: Motor1

Dilaporkan sederet komponen pendukung kinerja supercharger juga turut dipasangkan di Mazda MX-5. Mulai dari reservoir oli Rotrex, oil cooler, braket, dan air intake performa tinggi pun turut dipasangkan. Tak ketinggalan, perangkat lunak ECU pun ikut diperbarui untuk memaksimalkan efek peningkatan mesinnya.

Hasilnya pun cukup signifikan, mesin Mazda MX-5 mampu mengeluarkan tenaga puncak menjadi 250 dk dan torsi yang tinggi yakni 308 Nm. Dengan tenaga tambahan dari roadster ini, mampu menempuh akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5,3 detik. Angka tersebut lebih cepat 2 detik daripada versi pabrikan dalam parameter yang sama.

Foto: Motor1

Namun jika dirasa tenaga Mazda MX-5 terlalu buas, BBR juga menawarkan paket Stage 2 yang hanya memiliki tenaga 245 dk dan torsi 293 Nm. Peningkatan-peningkatan ini juga didapat dengan adanya manifold knalpot stainless steel dengan konverter katalitik. Sebagai opsi, konsumen juga dapat memasang intercooler besar Forge Motorsport agar dapat menjaga suhunya.

Jika berminat, BBR menjual paket peningkatan performa Mazda MX-5 ini dengan harga USD 4.366-6.045. Jika dikonversikan artinya harga banderol paket supercharger tersebut setara Rp 68-94 jutaan.