Mazda MX-5 Miata Generasi Pertama Dibikin Speedster Single-Seater

Mazda MX-5 Miata Generasi Pertama Dibikin Speedster Single-Seater

Beberapa mobil Jepang biasanya dimodifikasi dengan gaya yang mengacu mengacu ke arah JDM (Japanese Domestic Market). Namun kali ini sedikit berbeda karena terdapat Mazda MX-5 yang dimodifikasi menjadi sebuah speedster. Menariknya mobil yang kerap disapa dengan Miata ini menjadi speedster dengan model single seater.

Dilansir dari Carbuzz, perusahaan Italia Gorgona Cars mengambil Mazda Miata generasi pertama yang diubah menjadi speedster single-seater. Modifikasi dimulai dari tampilannya dengan menghilangkan kaca depan sepenuhnya. Kemudian di sisi penumpang dan kabin ditutup seluruhnya dengan panel komposit berserat karbon sewarna bodi yakni kuning.

Foto: Carbuzz

Di belakang, Mazda Miata speedster single-seater ini telah menghilangkan panel bagasi yang diganti dengan ducktail. Kemudian di belakang pengemudi terdapat bodi seperti sebuah pembalap klasik dan menampung roll hoop dengan spesifikasi motorsport. Bahkan bagian pintu dibuat hanya setengah dari versi standarnya saja.

Beberapa komponen serat karbon dipasangkan pada Mazda Miata speedster single-seater ini. Mulai dari kap mesin, spatbor depan, dan pintu untuk mencapai penghematan berat maksimum. Kemudian beberapa komponen OEM juga dipasangkan seperti splitter depan yang dikenal sebagai R-Package pada Miata di tahun 90-an.

Foto: Carbuzz

Beberapa detail lain diberikan warna hitam, seperti pelindung speedometer, steering wheel, dan baut-baut penutup kabin. Termasuk pada pelek Enkei RPF1 15 inci yang dilapisi ban semi-slick Yokohama A052. Sementara cat keseluruhan mengandalkan warna Sunburst Yellow dari warna asli Miata.

Jika tampilannya sudah menjadi Mazda Miata speedster single-seater, tentu bagian mesin tidak bisa dibiarkan dalam keadaan standar. Mesin 1.600 cc diganti menjadi 2.000 cc naturally aspirated dari Mazda MX-5 Miata generasi ND. Artinya mesin telah dalam bentuk empat silinder skyactiv-g yang menghasilkan tenaga 181 dk dan torsi 204 Nm.