Mercedes-Benz E240 Avantgarde Ceper Ini Sering Pulang Pergi Lampung - Jakarta Lewat Jalan Darat Lho!

Mercedes-Benz E240 Avantgarde Ceper Ini Sering Pulang Pergi Lampung - Jakarta Lewat Jalan Darat Lho!

Mercedes-Benz E240 Avantgarde yang sejatinya adalah mobil Eropa yang mewah dan nyaman ternyata bisa juga dimodifikasi jadi keren dan sporty seperti ini. Nah, pria yang bernama lengkap Askasifi Eka Cesario adalah pemilik dari Mercy hitam yang super keren ini.

Hebatnya lagi, kerennya bukan cuma karena tampilannya nih. Karena Mercedes-Benz E240 Avantgarde ini kerap dipakai untuk melibas jalan darat Lampung - Jakarta pulang pergi. Wow! 

Foto: bautenam

"Mobil ini cukup sering saya bawa ke Jakarta lewat jalan darat," ujar Aska, sapaannya. Ceper begini bisa aman? "Mobil ini sudah pakai airsus, makanya aman, hahaha," gelak Aska. Proses modifikasi Mercedes-Benz E240 Avantgarde ini dibantu oleh sahabat Aska di Jakarta yaitu Fisabi dari Sabi Garage.

Mercedes-Benz E240 Avantgarde ini sejak awal dibeli langsung diserahkan ke Abi untuk dimodifikasi sejak awal 2020 lalu. "Dari yang awalnya cuma ganti pelek dan ganti per aja supaya ceper, lama-lama lanjut sampai pasang airsus, ganti pelek lagi, juga bumper sampai seperti sekarang ini," jelas Abi.

Foto: bautenam

Untuk modif eksterior Mercedes-Benz E240 Avantgarde, Aska memasang bodykit orisinal Mercy E55 AMG. Mulai dari bumper depan dan belakang sampai sideskirt semua OEM part number E55 AMG.

"Sebenarnya susah juga nyari bodykit ini, kebanyakan yang E63 AMG. Makanya pas ada yang jual dan orisinal pula, langsung tebus nggak pake lama," serunya.
itupun dibawah bumper depan Mercedes-Benz E240 Avantgarde ditambahkan lips karbon custom dan rear diffuser carbon untuk bumper belakang.

Foto: bautenam

Untuk pelek Mercedes-Benz E240 Avantgarde, ini adalah pelek yang ketiga yang pernah terpasang di mobil ini. "Sekarang pakai BBS LMR ini, dan seperti nya paling enak dilihat ya pake BBS ini," ucapnya.

Pelek BBS LMR ini sudah dikustom bagian lips dan barrelnya. Pelek 3 pieces construction yang terpasang di Mercedes-Benz E240 Avantgarde ini berukuran 19x10+11,5 inci dengan ban Sailun ukuran 235/35 R19 depan dan 265/30 R19 belakang. 

Foto: bautenam

Nah, untuk suspensi Mercedes-Benz E240 Avantgarde dimodif pakai airsus dari Airlift Performance 3H 4 channel. Supaya makin nempel dengan aspal, bagian kaki-kaki seperti custom chamber kit, toe, caster, dan upper armnya sudah dimodifikasi.

Emang nggak mentok dengan fender tuh? "Untungnya Mercy E-Class ini ruang fendernya cukup besar, cukup roll lips fendernya aja sampai maksimal," jelas Abi. Kemudian untuk rem depan dan belakang, Aska sudah menggantinya dengan BBK dari AMG 6 pot 380 mm depan dan 4 pot 330 mm belakang. 

Foto: bautenam

Lalu di interior Mercedes-Benz E240 Avantgarde, Aska memasang pedal set AMG, emblem AMG di setir, karpet custom AMG, dan cup holder OEM dari Mercedes-Benz. Untuk audio, speaker 3way Focal KX3 dengan power ARC dan subwoofer Focal 12 inci jadi pilihan Aska. Supaya suara semakin jernih, ditambahkan sound processor Venom Pandora. 

Terakhir, agar mesin Mercedes-Benz E240 Avantgarde makin enak di gas sepanjang tol Lampung dan Merak, reflash ECU di Sigma speed, ganti filter udara K&N, dan ganti knalpot valvetronic dari Techpro langsung dilakukan. "Enggak berasa tahu-tahu sudah sampai pelabuhan Merak aja! hahaha," gelaknya sambil menutup oborlan sore itu.