Mesin Toyota GR Yaris Ditingkatkan, Cukup Upgrade Software Torsi Naik 20 Nm!

Mesin Toyota GR Yaris Ditingkatkan, Cukup Upgrade Software Torsi Naik 20 Nm!

Toyota GR Yaris merupakan mobil hot hatchback yang diturunkan dari balapan rally dunia WRC. Mobil ini memiliki visual dan performa yang sangat agresif, terutama didukung dengan mesin 1.618 cc 3-silinder turbo. Menariknya, kini pengguna mobil tersebut dapat meningkatkan torsinya dengan menggunakan komponen yang cukup sederhana.

Dilansir dari Carscoops, Toyota GR Yaris kini dapat ditingkatkan dengan produk OEM dari paket performa Kinto Factory. Kinto Factory merupakan layanan Toyota yang memberi personalisasi atau fitur tambahan sesuai keinginan pemilik. Salah satu ubahan yang ditawarkan pada mobil hot hatchback itu adalah upgrade software performance 2.0.

Foto: Carscoops

Dengan aplikasi upgrade software ini, torsi mesin Toyota GR Yaris yakni G16E-GTS, dapat ditingkatkan. Peningkatannya dari yang semula hanya 370 Nm menjadi lebih tinggi 20 Nm, sehingga secara totalnya mencapai 390 Nm. Selain peningkatan torsi, software tersebut juga mengubah torsi puncak dari yang sebelumnya di 3.000-4.600 rpm menjadi 3.200-4.000 rpm.

Menariknya jika pemilik Toyota GR Yaris melakukan upgrade software tersebut, maka dapat mengikuti program personalisasi performa mobil. Program personalisasi ini disediakan lewat jaringan GR Garage di Jepang atau lewat GR Yaris Personalization Event. Bagi yang mengikuti ajang tersebut dapat berkonsultasi dengan mekanik Toyota Gazoo Racing untuk menyesuaikan rasa dan performa mobilnya.

Foto: Carscoops

Penyesuaian pun dapat dilakukan pada Toyota GR Yaris pada berbagai macam sektor. Mulai dari respon akselerasi dengan 27 kombinasi yang dapat dipilih, rasa setir yang ingin lebih berat atau ringan. Bahkan bisa menyesuaikan distribusi tenaga penggerak GR FOUR.

Tentunya untuk mengikuti program ini, tidak cuma-cuma diberikan kepada konsumen. Toyota GR Yaris Performance Software 2.0 dijual kepada konsumen seharga 141.000 yen atau setara Rp 15 jutaan. Kemudian untuk personalisasi mobil sesuai dengan karakter pengemudi pada opsi pertama dikenakan biaya 8.800 yen atau setara Rp 938 ribu dan opsi kedua sebesar 15.000 yen atau setara Rp 1,6 juta.