Mitsubishi Lancer GTI Dibikin Rally Masih Bisa Pakai Mesin Standar

Mitsubishi Lancer GTI Dibikin Rally Masih Bisa Pakai Mesin Standar

Mitsubishi Lancer GTI dikenal pada masa jayanya karena memiliki performa yang sangat baik. Bahkan tidak sedikit yang membangun mobil ini untuk digunakan dalam ajang balap rally. Lantas bagaimana memodifikasi mesinnya agar bisa digunakan dalam balap rally?

Emmanuelle Amandio merupakan drifter nasional yang memulai karirnya dari ajang balap rally. Amandio bertanding di ajang balap rally menggunakan Mitsubishi Lancer GTI. Menurutnya, komponen mesin pada Lancer GTI miliknya masih banyak mengandalkan part standar bawaan pabrikan.

Foto: Brian

"Mesin sih sebenarnya ini 1.800 cc 4G93 standar, karena kita main dulu pakai di rally panjang dan sprint, jadi kita maish standar. Memang enggak terlalu kencang tapi lebih ke durable nya," ujar Amandio ketika ditemui oleh OtoMods beberapa waktu lalu di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Amandio, meskipun standar terdapat beberapa yang harus dimodifikasi pada mesin Mitsubishi Lancer GTI miliknya. Di antaranya adalah bagian head yang sudah di porting polish agar pasokan udara dan bensin ke dalam ruang bakar menjadi lebih lancar. Sisanya ubahan pada Lancer GTI tersebut tidak terlalu banyak.

Foto: Brian

"Mesin tidak perlu banyak main, paling seperti porting polish, balance lagi. Pendinginnya cuma ganti radiator yang lebih besar, tapi ada ekstra fan kecil di depannya supaya lebih menodorng angin juga. Sama pakai Dastek yang Q+, model terbaru lah ya," pungkas Amandio.

Amandio sendiri menggunakan Mitsubishi Lancer GTI pada ajang rally sudah sejak 14 tahun yang lalu sebelum berkecimpung di dunia olahraga drifting. Di tahun 2022 ini, mobil rally tersebut dihidupkan kembali untuk ikut berkompetisi. Menariknya, komponen yang dipasang pada Lancer GTI lebih kurangnya masih mirip dengan yang diandalkan pada 14 tahun yang lalu.