Modifikasi Mitsubishi Canter Habis Rp 150 Juta Bikin Body Kit, Anti Gasruk!

Modifikasi Mitsubishi Canter Habis Rp 150 Juta Bikin Body Kit, Anti Gasruk!

Dalam Jambore Nasional (Jamnas) Canter Mania Indonesia Community (HCIC), terdapat banyak mobil Mitsubishi Canter yang dimodifikasi. Salah satunya Canter yang berasal dari Ciamis yang telah dilengkapi banyak modifikasi. Karena banyaknya ubahan, disebutkan merogoh kocek hingga ratusan juta.

Ali Sadikin merupakan driver dari Mitsubishi Canter yang dimodifikasi ini pun sempat OtoMods temui. Ali mengaku modifikasi truk komersial ini dilakukan oleh bosnya atau sang pemilik. Karena sudah dimodifikasi habis-habisan, truk ini pun tidak digunakan untuk mengangkut barang.

Foto: Brian

"Jadi ini Canter tahun 2009, baru selesai modifikasi langsung datang ke Jamnas HCIC ini. Ini adalah milik bos saya, saya cuma bawain saja kesini dan alhamdulillah tadi dapat penghargaan. Bos sendiri punya usaha kelapa parut, di markas ada tiga Canter tapi cuma ini yang enggak dipakai angkut barang," ujar Ali saat ditemui awak media di Pantai Ngudel, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (27/11).

Ali pun menyebutkan modifikasi pada Mitsubishi Canter milik bosnya itu. Mulai dari body kit meliputi bumper depan dan belakang, serta side skirt. Menariknya, body kit yang mengelilingi truk ringan tersebut dapat diangkat sehingga bisa melewati jalanan yang tidak rata.

Foto: Brian

"Karena ini jarak dari bumper depan saja ke tanah cuma lima jari. Jadi kalau enggak bisa lewat daripada baret kami angkat. Ini sistemnya hidrolik tapi dioperasikan manual, karena banyak yang otomatis pakai elektrikal malah cepet rusak dan tidak awet," paparnya.

Mengenai bodinya, Mitsubishi Canter ini diberikan warna hijau stabilo dengan sejumlah grafis berbahan stiker. Tak ketinggalan seperti Canter lainnya, terdapat kutipan kata-kata bijak yang menghiasi hampir di seluruh sisi mobil. Sementara bagian lampu-lampu juga dimodifikasi agar lebih trendi lagi.

Foto: Brian

"Di dalamnya saja sudah pakai AC dan setirnya itu sudah power steering, jadi dipakai nyaman dan tidak bikin capek. Karena jarang dipakai, makanya kilometernya enggak tinggi. Bahkan ban yang dipakai masih bawaan pabrikan dari tahun 2009," paparnya.

Untuk memodifikasi Mitsubishi Canter ini, Ali mengaku bos-nya menghabiskan dana hingga Rp 150 juta. Sementara Mitsubishi Canter sendiri dibeli dengan harga Rp 150 jutaan. Ali mengatakan sudah banyak yang berminat membeli truk tersebut, namun pemiliknya baru akan melepasnya jika menyentuh harga Rp 350 juta.