Modifikasi Toyota Avanza Generasi Pertama, Ubahan Minimalis Tapi Elegan

Modifikasi Toyota Avanza Generasi Pertama, Ubahan Minimalis Tapi Elegan

Toyota Avanza generasi pertama merupakan mobil yang mengubah dunia otomotif di Indonesia. Low MPV tersebut banyak diminati oleh sejumlah pecinta otomotif yang ada di Indonesia. Satu di antaranya adalah Nalendra Komara yang memiliki Avanza tipe S tahun 2005 dengan warna yang cukup langka.

Nalen sapaan akrabnya menyebutkan, Toyota Avanza miliknya merupakan tipe tertinggi dengan warna yang cukup langka yakni dark green micca. Menurutnya warna tersebut hanya diproduksi sebanyak 2.000 unit di Indonesia dan hanya keluar di tahun 2004 dan 2005 saja. Sementara secara modifikasi, Avanza generasi pertama miliknya itu telah mendapatkan beberapa ubahan yang elegan.

Foto: Brian

"Dari eksterior itu ditambahin deflecta, terus delet krom di bagian grill, sama pakai lips bumper depan Avanza Thailand part number Toyota. Terus bagian plat nomor juga pakai frame gaya Jepang gitu depan belakang. Sementara untuk pelek pakai Enkei tarmac Ring 15 lebar 6,5 inci ET 40 Jepang," ujar Nalen saat ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta Timur.

Agar Toyota Avanza generasi pertama ini terlihat lebih pendek dari versi standarnya, Nalen memasangkan per lowering kit dari Tein S-Tech di kaki-kakinya. Kemudian untuk membantu pengendalian mobil, stabilizer Undercontrol pun dipasang di belakang. Sementara bagian ban menggunakan GT Radial Champiro Ecotec berukuran 195/65.

Foto: Brian

"Kemudian di bagian interior itu paling pasang Jok Recaro LX slider fishnet, terus ada stir Corolla GT yang 3 palang. Di bagian belakang ada dognet dari Chevrolet Zafira, touneau KIA Carens, dan pasang Hella tiang untuk thrid brake lamp," paparnya.

Modifikasi terakhir pada Toyota Avanza generasi pertama tersebut adalah di bagian audio. Nalen memasangkan tape single din dari Pionner serta speaker depan dari FOSS. Sementara untuk basstube kolong mengandalkan komponen dari LM Audio.