Owner Toyota Corolla Twincam Ini Kepincut Gaya Modif South Style Era '90an

Owner Toyota Corolla Twincam Ini Kepincut Gaya Modif South Style Era '90an

Di sepanjang era '90an, terdapat gaya modifikasi yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini. Ya, kalau 'anak mobil' dulu bilangnya South Style alias Gaya Selatan. 

Karena dulunya kiblat modif mobil itu besar di daerah Jakarta Selatan. Nah! Seperti apa sih gaya modif South Style itu? Umumnya mobil yang dimodif yang lahir di tahun '90an, ada juga yang mobil '80an meski jarang. Seperti Toyota Corolla Twincam, Great Corolla, Starlet, Kijang, Honda Grand Civic, Genio, Estilo, dan lainnya. 

Modifnya sebenarnya simpel, cukup ganti velg, ceper pas ban dengan fender, tailpipe, jok Recaro, kaca bening atau kaca film 20%, dan bersih sampai ke kolong fendernya. Selain itu, peleknya juga umumnya pakai bawaan Mercedes-Benz atau BMW yang baut 5, jadi harus ubah PCD terlebih dahulu.

Foto: bautenam

Saking terkenalnya South Style ini, bahkan anak muda gen milenial pun banyak yang penasaran bahkan sampai kepincut gaya modifikasi yang dibilang abadi ini. Salah satunya adalah Fathur Nugraha dengan Toyota Corolla Twincam miliknya ini. "Awalnya ada yang mau titip jualin Corolla Twincam ini ke saya, malah saya jadi naksir mobil ini, hahaha," gelak Fathur, panggilan akrabnya.

Toyota Corolla Twincam yang dibelinya itu memang dalam kondisi bagus, tangan pertama dari seorang dokter, cat masih 80% orisinal sampai ke dop aslinya juga. Interiornya pun masih full orisinal dengan jok bahan fabric, bahkan tape Alpine aslinya pun masih terpasang.

Foto: bautenam

Langkah awal adalah mencari pelek yang period correct untuk Toyota Corolla Twincam tersebut. "Awalnya sempat dapat Brabus Monoblock III 17 inci waktu itu, langsung bubut rubah PCD jadi baut 5 Mercy," serunya bersemangat. Pelek tersebut pun dipadukan dengan per custom untuk menceperkan mobilnya ini. 

Beberapa waktu kemudian, Fathur sempat berniat mau menjual Toyota Corolla Twincam itu dan akhirnya sempat di standarkan semua. "Velg Brabus itu pun dijual dan balik ke velg aslinya lagi," kenang Fathur.

Entah kenapa niat itu urung terjadi. Akhirnya ia malah mencari pelek lain, "Malah dapat velg Alpha 'robot' ini, langsung pasang! Hehehe," kekehnya. Karena sama berukuran 17 inci, ban pun bisa pakai yang sebelumnya.

Foto: bautenam

Kemudian ia mendatangi Ary dari M8 Garage di Bandung untuk berkonsultasi mengenai Toyota Corolla Twincam. Oleh Ary, ia dibuatkan lips custom yang dulu juga jadi part wajib modif sedan di tahun '90an. 

"Lips ini modelnya mengacu ke lips OEM Toyota Corona Twincam, aslinya memang 2 pieces terpisah," jelas Ary. Ary juga menambahkan ducktail custom ala M-Tech di bagasinya. Rapi ya!

Terakhir, Fathur mengganti bohlam asli lampu depan Toyota Corolla Twincam dengan bohlam yang berwarna kuning. "Yang saya dengar, ini juga jadi syarat wajib modif '90an," bisiknya. Sayang tailpipe dan jok belum diganti karena belum dapat yang ia mau. 

South style never dies, sob!