Perjalanan Restorasi Land Rover Serie 3 Military, Kembali ke Masa Kejayaannya

Perjalanan Restorasi Land Rover Serie 3 Military, Kembali ke Masa Kejayaannya

Land Rover Serie 3 Military milik Tommy Indratama yang direstorasi sudah OtoMods beritakan. Begitu sayangnya Tommy dengan mobil peninggalan ayahnya, ia pun bertekad untuk merestorasi total jip Inggris ini luar dalam. Dirinya bersikeras agar hasilnya bagus dan komponennya terpasang lengkap.

Langsung aja semua part dan aksesori orisinal Land Rover Serie 3 Military yang ada di katalog Haynes dipesan langsung ke UK dan dipasang di mobil ini. "Beberapa part yang masih terpasang bawaan dari mobil ini ketika masih bertugas dulu," bilangnya. 

Foto: bautenam

Komponen Land Rover Serie 3 Military seperti bullbar Australia military spec dan bumper depan military spec yang ia dapat dari temannya. Kemudian soft top military spec juga ia dapat dalam kondisi NOS alias New Old Stock. Bahkan antena-antena khas militer yang terpasang di fender depan dan samping kiri dan kanan juga hasil berburu sampai ke UK. 

Terlihat di belakang sudah terpasang peralatan militer seperti sekop dan pacul berikut lampu konvoi ala militer. "Jadi dulu kalau para tentara konvoi di hutan agar tak terlihat oleh musuh, patokannya dari lampu konvoi ini aja," jelasnya. 

Foto: bautenam

Di bagian depan Land Rover Serie 3 Military ada stiker kode tertentu yang ternyata ada artinya. "Stiker Pool A ciri khas mobil militer tahun '70 akhir dan '80an yang merupakan kode dari tipe peruntukan kegunaan kendaraan dinas," ucapnya. Kalau T65 adalah angkatan lulusan akmil tahun '65 sang ayah. Mantap!

Singkatnya begini, "Jadi saya bangun Landie ini menggabungkan gaya militer Indonesia dengan militer UK, kelengkapan aksesorinya saya pakai yang versi UK based on catalog," jelas Tommy lagi. 

Foto: bautenam

Merestorasi interior Land Rover Serie 3 Military, ia menyerahkan ke Andry dari Aldynes Leather Seat di Bintaro. Oleh Andry, seluruh jok direstorasi dan dilapis dengan bahan jok warna hijau khas militer agar terlihat rapi. Lalu dasbor juga dilapis dengan bahan kulit hitam. 

Di dek belakang, dibuat dari bahan kayu ulin yang dilapis lagi dengan karpet orisinal dari Land Rover UK sudah dipasang. Ada pemandangan unik, radio khas militer PRC 77 yang sudah dimodifikasi jadi radio dan pemutar musik dengan bluetooth nih!

Foto: bautenam

Mesin Land Rover Serie 3 Military masih mempertahankan aslinya. "Sudah diturunkan dan diganti yang rusak, jadi nggak akan ada masalah ke depannya," bilang Tommy. Mesinnya halus dan siap dipakai kemana saja.

Sekalian saja suspensi Land Rover Serie 3 Military juga direhab total, per orisinal NOS dan sokbreker menggunakan punya Land Rover Defender. "Ban pakai Dunlop Road Gripper yang kurus sesuai dengan pelek aslinya," ucapnya lagi. O ya, di sisi kanan ada sand ladder yang bisa membantu ban mobil ini keluar dari lumpur yang tebal. "Barang langka tuh!" serunya. 

Kalau kita melihatnya Landie ini sudah sempurna, namun belum buat Tommy. "Serunya bangun mobil itu ya begini, nggak akan pernah puas...ada aja yang kurang! Hahaha," gelaknya. Bener banget!