Pernah Dengar Istilah PCD Pelek Mobil? Anak Mobil Harus Tahu Artinya!

Pernah Dengar Istilah PCD Pelek Mobil? Anak Mobil Harus Tahu Artinya!

Setiap pecinta mobil pasti melakukan yang namanya modifikasi untuk mempersonalisasikan diri pada tunggangan tercinta. Salah satu yang paling sering diubah dari mobil adalah peleknya. Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti pelek mobil, salah satunya adalah PCD.

Dari situs Hyundai disebutkan PCD pada pelek memiliki arti yakni Pitch Circle Diameter atau sering juga disebut bolt circle. PCD sendiri adalah ukuran diameter pada lubang baut yang berada di pelek dan posisinya saling bersebrangan. Selain itu PCD juga bisa merupakan ukuran diameter lingkaran yang melewati titik tengah pada setiap baut.

bautenam

Namun istilah yang paling sering didengar dari PCD sebuah pelek adalah jumlah lubang baut dan jarak antar bautnya. Biasanya terdapat beragam angka seperti 5x100, 4x100, 5x112 yang menjadi profil sebuah PCD pelek. Anda juga perlu mengetahui angka yang tertera di setiap PCD pelek tersebut.

Seperti contohnya 4x100, artinya terdapat empat buah baut pada pelek tersebut. Sementara 100 merupakan jarak antar baut adalah 100 mm. Lantas bagaimana cara menghitung PCD yang ada pada mobil kesayangan?

bautenam

Pertama ketahui terlebih dahulu jumlah baut yang ada di pelek mobil Anda. Kemudian jika jumlah baut genap seperti 4, 6, dan 8, maka penghitungan jarak dapat dilakukan bersebrangan. Mulai ukur dari titik tengah lingkaran baut, ke titik tengah lingkaran baut yang ada di sebrangnya.

Sementara jika jumlah baut ganjil seperti 3, 5, dan 9, perhitungannya pun cukup berbeda. Pengukuran jarak antar baut dapat dilakukan dari ujung luar baut, ke titik tengah yang paling jauh pada sebrangnya.