Presiden XI Jinping Pakai Mobil Misterius Hongqi N701 di KTT G20

Presiden XI Jinping Pakai Mobil Misterius Hongqi N701 di KTT G20

Seperti pemimpin negara lain di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Presiden China Xi Jinping juga membawa mobil kepresidenan miliknya. Namun bukan dari merek mobil yang dikenal secara global, Presiden dari negeri tirai bambu ini membawa Hongqi N701. Tentunya sebagai mobil presiden, Hongqi N701 memiliki spesifikasi tinggi untuk perlindungan.

Hongqi sendiri diketahui sebagai merek mobil mewah dari China. Merek ini dimiliki oleh pabrikan otomotif FAW Car Company yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1959. Artinya merek mobil ini termasuk yang tertua di negeri tersebut.

Foto: Istimewa

Dilansir dari CarNewsChina, Hongqi N701 bukan sebuah produk yang dijual masal oleh merek tersebut. Nama N701 sendiri juga merupakan kode untuk mobil kepresidenan China. Sehingga nama asli mobil ini tidak diketahui dan tidak terungkap, mengingat mobil ini dikabarkan hanya diproduksi 50 unit saja selama 10 tahun ke depan.

Sebelumnya Presiden China Xi Jinping menggunakan Hongqi L5 yang sempat digunakan Presiden Jokowi saat kunjungan ke negara tirai bambu tersebut. Namun pada Juli 2022 lalu, mobil tersebut diganti menjadi Limosin Hongqi N701.

Foto: Istimewa

Jika melihat secara tampilannya Hongqi N701 memiliki wajah yang elegan dan mewah layaknya limosin lansiran Rolls Royce. Dibuktikan dengan grille yang besar dengan lapisan krom dan kap mesin yang panjang. Bentuk limosin dipertegas dengan jarak sumbu roda yang panjang dan pintu belakang yang mewah.

Sayangnya mengenai spesifikasi dari Hongqi N701 masih belum dapat diketahui secara jelas. Namun sejumlah spekulasi menyebutkan mobil ini menggunakan mesin V8 turbocharge atau V12. Dimungkinkan mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 350 hp dan torsi 670 Nm.

Secara fitur pun Hongqi N701 tidak dapat diketahui secara jelas. Namun mengingat ini adalah mobil Kepresidenan China, tidak menutup kemungkinan menggunakan bodi lapis baja, kaca anti peluru, dan lain sebagainya. Keamanan canggih juga tidak luput dipasang pada mobil seperti ini.