Proses Bangun Mobil Rally Mitsubishi Lancer GTI Setelah Tidur 14 Tahun

Proses Bangun Mobil Rally Mitsubishi Lancer GTI Setelah Tidur 14 Tahun

Emmanuelle Amandio memulai karir olahraga mobil sejak tahun 2008 di balap sprint rally. Amandio kala itu mengandalkan Mitsubishi Lancer GTI untuk balapan sprint rally. Kemudian, setelah beberapa tahun pria yang akrab disapa Dio tersebut kembali ke ajang sprint rally menggunakan mobil yang sama.

Amandio mengaku Mitsubishi Lancer GTI terakhir dipakai untuk ajang sprint rally adalah di tahun 2008. Kemudian di 2009, sudah mendalami olahraga drifting sehingga menghentikan aktivitas balap rally. Dari situ, Mitsubishi Lancer GTI tersebut akhirnya istirahat dalam waktu yang cukup lama.

Foto: Brian

"Kemudian 2020 pelan-pelan kita bangun, ya pelan-pelan dibangun lagi. Sasis kita trondolin dulu, yang karat-karat kita bersihin lagi sampai cat itu yang terakhir. Akhirnya baru kita mulai masuk ke mesin dan perangkat-perangkat kabel," ujar Amandio ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Stagepark Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menariknya, meskipun dibangun kembali pada 2022, namun teknologi dan perangkat yang dipakai masih sangat mirip seperti tahun 2008 silam. Amandio menyebutkan memang secara komponen, Mitsubishi Lancer GTI miliknya memang ketinggalan zaman. Terutama dengan mobil sprint rally yang banyak digunakan pada saat ini.

Foto: Brian

"Jadi spesifikasi sekarang ini masih sama seperti 2008 lalu, seperti LSD, sok, sasis, semua sama. Spek tahun dulu dan sudah ketinggalan zaman. Jadi ini mobil tandaing lagi di 2022 dengan mobil-mobil yang sudah canggih. Sudah pakai Haltech yang ECU standalone, jadi sudah jauh banget sih," pungkas Dio.

Amandio sendiri memiliki target untuk ikut turun meramaikan ajang sprint rally kejurnas. Namun dirinya menginginkan ajang yang masih dekat dengan Jakarta yakni sekitar Pulau Jawa. Mengingat program rally ini bukan agenda utama, namun hanya kembali mencobanya.