Tampil Makin Retro, Mazda Vantrend Dimodifikasi Dengan Konsep 1970-an

Tampil Makin Retro, Mazda Vantrend Dimodifikasi Dengan Konsep 1970-an

Mazda Vantrend merupakan salah satu mobil station wagon yang pernah dipasarkan di Indonesia. Mobil yang satu ini memang kurang dilirik oleh para pecinta roda empat. Namun di tangan yang tepat, ternyata mobil tersebut bisa dibuat lebih menarik yang tampil berbeda.

Seperti Mazda Vantrend yang dimiliki oleh Widitya Prayudi yang akrab disapa Didiet Bandietoz. Didiet melakukan modifikasi pada Vantrend dengan konsep tahun 1970-an. Modifikasi mobil station wagon tersebut pun dilakukan di workshopnya sendiri yakni Bandietoz Garage.

Foto: Brian

"Sebenarnya waktu itu mau cari station wagon, tapi kan harganya sudah tinggi-tinggi ya. Entah mau mobil Jepangan seperti Corolla atau Eropa gitu malah sampai Rp 500 jutaan. Sampai pada akhirnya ketemu sama Mazda Vantrend ini yang saya angkat waktu itu harganya cuma Rp 25 juta," ujar Didiet saat ditemui tim OtoMods.

Mazda Vantrend yang dimiliki Didiet sebenarnya berasal dari tahun 1990-an. Namun konsep yang dikerjakannya sedikit berbeda dengan membawanya kembali ke 1970-an. Menariknya, pengerjaan station wagon tersebut ternyata hampir mirip dengan restorasi dan modifikasi alias restomod.

Foto: Brian

"Sebenarnya Mazda Vantrend ini sudah jarang ada diperkotaan, banyak dipinggiran Jakarta seperti Tangerang Selatan, Tangerang, Bekasi gitu. Karena memang dahulunya mobil ini kan banyak dipakai harian, mobil tempur lah istilahnya. Jadinya kondisinya banyak yang kurang seger, tantangannya disitu sih," papar Didiet.

Sementara untuk modifikasi pada Mazda Vantrend milik Didiet meliputi beberapa sektor seperti menggunakan bumper Corolla DX di depan dan belakang, pelek Cragar, hingga steering wheel Momo Benetton Formula1. Kemudian di bagian body juga telah mendapatkan warna baru yakni Hawaiian Blue. Dari sisi pengerjaan, Didiet mengaku membutuhkan waktu lebih kurangnya 2 bulan untuk menggarap mobil kesayangannya itu.