Tampilan Racing, Mesin Mitsubishi Evo X Dimodifikasi Hampir 700 Hp!

Tampilan Racing, Mesin Mitsubishi Evo X Dimodifikasi Hampir 700 Hp!

Mitsubishi Evo X berwarna biru telah kita ulas dari segi tampilannya yang kental dengan aura street racing. Kali ini, kami akan membahas lebih detail mengenai ubahan yang ada di dapur pacunya. Karena bukan hanya tampilannya saja yang bernuansa racing, mesinnya juga enggak main-main peningkatan tenaganya.

Dilansir dari SpeedHunters, Mitsubishi Evo X ini memang masih mengandalkan mesin standar yakni 4B11. Namun mesin dimodifikasi kembali dengan boringan dari Darton, piston dan setang piston forged, dan crankshaft billet. Komponen tersebut meningkatkan kubikasi dari mesin standar dari semua 2.000 cc menjadi 2.300 cc.

Foto: SpeedHunters

Tak berhenti sampai disitu, bagian head cylinder Mitsubishi Evo X ini juga mendapatkan peningkatan untuk mendongkrak performa. Seperti porting head yang membuat pasokan udara dan bensin masuk lebih cepat. Kemudian ditambah dengan camshaft 270 derajat yang mengatur durasi bukaan klep.

Mitsubisihi Evo X ini juga menggunakan turbocharger twin-scroll BorgWarner EFR 9174 yang besar. Turbocharger tersebut dikawinkan dengan intercooler Plazmaman khusus yang memberikan muatan dingin melalui throttle body 82 mm. Di bagian ujungnya, terdapat knalpot dengan manifold khusus yang berjalan ke pipa 4 inci dengan muffler dari Varex.

Foto: SpeedHunters

Bukan hanya dari mesin dan turbo saja, Mitsubishi Evo X ini juga menyesuaikan sistem bahan bakar dan manajemen mesin. Mesin 4B11 ini mendapatkan delapan injektor yang dipasok oleh fuel pump ganda dan pendingin bahan bakar. Sementara untuk manajemen mesin mengandalkan MoTeC dengan modul expander ECU M130 dan E888.

Hasilnya dari semua peningkatan itu, Mitsubishi Evo X mampu menghasilkan tenaga 697,3 hp yang sangat besar. Perhitungan tersebut merupakan hasil yang keluar dari roda alias wheel horse power. Angka tersebut tentunya berbeda dari horse power yang keluar dari mesin.