Toyota GR Supra Dicangkok Mesin 2JZ Hasilkan Tenaga 1000 HP!

Toyota GR Supra Dicangkok Mesin 2JZ Hasilkan Tenaga 1000 HP!

Munculnya Toyota GR Supra ke pasar global tentunya menarik perhatian banyak pecinta otomotif. Namun munculnya mobil tersebut dengan mesin dari BMW membuat sejumlah pihak kecewa. Seperti yang OtoMods temukan, seseorang mengganti mesin GR Supra yang merupakan buatan BMW untuk diganti dengan mesin legendaris 2JZ.

Dilansir dari Motortrend, Marc Tcham selaku pemilik Toyota GR Supra yang melakukan swap engine ke mesin Supra MK4. Dirinya telah mengendarai GR Supra dengan mesin BMW sejauh 400 mil, kemudian memutuskan untuk ubahan yang meningkatkan tenaga. Hingga akhirnya diputuskan untuk menggunakan mesin 2JZ dengan peningkatan di berbagai sisi.

Foto: Motortrend

"Saya baru saja memutuskan untuk menarik mesin keluar dan menukarnya dengan 2JZ. Proyek dua bulan berubah menjadi 2 tahun karena rancangan ubahan yang dikerjakan cukup banyak. Dua tahun itu sangat berharga karena mobil ini adalah salah satu favorit yang saya miliki saat ini," ujar Marc Tcham.

Seperti yang disebutkan, mesin 2JZ yang dimasukan ke dalam Toyota GR Supra tetap dilakukan modifikasi. Di antaranya seperti penggantian blok, crankshaft dari Brian Crower, piston CP 10,5:1 dan setang piston Carillo. Bagian head cylinder diporting polish, camshaft GSC, valvetrain Supertech, dan adopsi turbo Precision 7675.

Foto: Motortrend

Tak berhenti sampai disitu, Toyota GR Supra bermesin 2JZ itu diberikan injektor ID2200 melalui tiga pompa dari Walbro. Sementara untuk manajemen mesinnya mengandalkan ECU Link Xtreme. Hasilnya mesin mampu mengeluarkan tenaga 1.060 whp dan torsi 1186 Nm yang disalurkan lewat transmisi Getrag 520G.

Dengan tenaga dan torsi tersebut, tentunya Toyota GR Supra bermesin 2JZ itu memiliki tarikan yang buas. Oleh karenanya Marc memasang big brake kit dari APG berawarna hijau 8-piston dengan rotor 380 mm. Bagian suspensi juga diperkuat menggunakan HKS Hipermax Coilovers.