Toyota Land Cruiser VX100 Modifkasinya Simpel, Style Classic OEM!

Toyota Land Cruiser VX100 Modifkasinya Simpel, Style Classic OEM!

Hampir semua seri Toyota Land Cruiser pada akhirnya akan menjadi mobil collector item. Mulai dari seri FJ dan BJ, 60, 70, 80, 100, 200, dan sekarang di 300 series. Nah, Muhammad Fausta Bagas Pamungkas adalah owner Toyota Land Cruiser VX100 ini.

Pemuda 19 tahun ini beruntung diserahkan Toyota Land Cruiser VX100 ini oleh ayahnya yang juga pecinta mobil jip. Meski awalnya ia sempat bingung mau diapakan mobil ini, "Kondisinya ada beberapa perbaikan terutama di mesin, akhirnya sekalian di modifikasi juga," ujarnya.

Foto: bautenam

Namun pada saat sedang memperbaiki mesin Toyota Land Cruiser VX100 di WBar Custom di Rempoa, ia pun mendapat pencerahan dari I Wayan Siu Kumara selaku juragan bengkelnya. "Kita modif style Classic OEM aja, lagipula ini kan VX100 Australia, cocok nih!" seru Wayan ketika itu. Tak pakai lama, proyek restorasi dan modifikasi mobil ini pun dimulai! 

Untuk pelek, waktu datang ke WBar Toyota Land Cruiser VX100 ini pakai ukuran 20 inci. Pas Wayan punya pelek kaleng OEM TLC VX200 GX Hutchinson versi Australia17x8 inci, "Waktu dipasang kok keren, ya sudah langsung pasang bannya deh!" seru Bagas. Ban pakai BF Goodrich AT KO2 275/70R17 yang bikin ganteng secara otomatis. 

Foto: bautenam

Setelah itu, Wayan membuatkan frame headlamp model cedok untuk Toyota Land Cruiser VX100. "Kita buat dari aluminium biar gampang ngebentuknya, terus di cat raptor tapi dikecilin lagi pas nyemprotnya," jelas Wayan. Lampunya pakai model bulat Halogen H4 dan corner lamp pakai model USDM yan ada side markernya. 

Kemudian grill asli dari Toyota Land Cruiser VX100 juga di cat sewarna seperti frame lampu cedok tadi. Tambahannya adalah emblem Toyota model lama ditengah grill, "Dapat di toko onderdil lama nih," bilang Wayan lagi. 

Foto: bautenam

Sekalian bumper depan dan belakang milik Toyota Land Cruiser VX100 dicat warna abu-abu seperti bumper 'mentah' yang belum dicat. "Dibawah bumper belakang juga dipasang towbar, biar lebih kelihatan 'jip'," tutur Bagas. 

Selebihnya semua masih bawaan Toyota Land Cruiser VX100 ini. Hanya di kabin ditambahkan audio dengan headunit dan speaker 2way biar Bagas lebih nyaman mengendarai SUV ini. "Sudah jadi begini, jadi makin pede nih nyetir TLC! Hahaha," gelak Bagas. Modif simpel tapi jadi terlihat keren dan makin gagah ya!

Foto: bautenam