Banyak yang Maksa, Ganti Pelek Aftermarket Wajib Pakai Center Ring!

Banyak yang Maksa, Ganti Pelek Aftermarket Wajib Pakai Center Ring!

Masih banyak ilmu modifikasi pelek mobil yang tidak diketahui khalayak umum nih. Biasanya pemilik mobil hanya mencari ukuran PCD yang pas saat mengganti pelek. Namun banyak yang mengabaikan dan tidak memakai center ring pada hub mobil kesayangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wibowo Santosa selaku pemilik bengkel pelek Permaisuri Ban. Menurutnya center ring ini penting untuk digunakan, terutama pada pelek yang memiliki hub pelek tidak pas. Padahal komponen yang satu ini memiliki fungsi yang penting untuk mobil.

Foto: Brian

"Ini penting juga tapi banyak orang salah, mau beli pelek tapi enggak mau yang pakai center ring. Itu salah, karena center ring itu sesuatu hal yang wajib supaya pelek itu duduk pas di hub mobilnya. Memang ada yang pas kalau pelek yang pas buat mobil itu dan kustom," ujar Bowo sapaan akrabnya ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.

Menurut Bowo, pelek aftermarket saat ini memang banyak dijual di pasaran. Namun tidak banyak hub tengah yang pas untuk masing-masing mobil. Sehingga center ring tentunya dibutuhkan agar pelek dapat duduk dengan sempurna di kaki-kaki mobil.

Foto: bautenam

"Tapi pelek aftermarket banyak yang enggak pas, dan harus pakai center ring. Supaya pelek tersebut pas duduk di center hub dari mobilnya," papar Bowo menjelaskan.

Selain center ring, Bowo juga menjelaskan baut PCD pun harus duduk dengan pas di lubang PCD pelek. Menurutnya banyak yang memaksakan karena ukuran PCD yang mirip, seperti 112 dan 114. Sehingga baut tidak terpasang dengan tepat di tengah dan hanya menggigit sebagiannya saja.