Toyota Ungkap Mobil Listrik Konsep Berbasis AE86 Trueno

Toyota Ungkap Mobil Listrik Konsep Berbasis AE86 Trueno

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota AE86 Trueno dari film animasi Initial D. Mobil legendaris ini sangat langka di Indonesia meskipun memiliki banyak peminat. Menariknya, Toyota menghadirkan mobil listrik konsep dengan basis dari mobil legendaris tersebut di Tokyo Auto Salon.

Dilansir dari CarBuzz, Toyota menghadirkan dua AE86 dengan jantung yang berbeda yakni listrik dan hidrogen. Merek Jepang yang satu ini mempercayai masa depan industri otomotif bukan hanya dari listrik tetapi juga hidrogen. Kedua mobil konsep tersebut pun diberi nama AE86 H2 dan AE86 BEV.

Foto: CarBuzz

Seperti Toyota AE86 Trueno, mobil ini hadir dengan bentuk yang cukup kotak lengkap dengan lampu pop-up yang menjadi ciri khas. Pada AE86 H2 konsep, mobil ini menggunakan mesin pembakaran hidrogen asli. Teknologinya sendiri telah diuji oleh Gazoo Racing di Seri Super Taikyu dengan mengubah mesin 4A-GE menggunakan bahan bakar hidrogen yang melimpah.

Beberapa teknologi sel bahan bakar telah digabungkan dengan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi di Toyota AE86 Trueno ini. Namun komponen lain disebutkan tidak berubah, seperti injektor, pipa bahan bakar, dan busi. Sehingga mobil ini masih memiliki sensasi pembakaran, termasuk suara dan getarannya.

Foto: CarBuzz

Sementara pada AE86 BEV konsep, mesinnya diganti menggunakan penggerak listrik dari Toyota Tundra dan baterai Prius Prime PHEV. Para insinyur Jepang ingin mempertahankan bobot ringan alami dan keseimbangan di mobil. Di luar itu, dinamika berkendara yang menarik harus dipertahankan sehingga transmisi manual turut disertakan.

Pada Toyota AE86 Trueno listrik ini telah menggunakan kursi Bride yang diremajakan dan sabuk pengaman. Bahkan di interiornya dilengkapi roll cage yang tidak hadir di versi hidrogennya. Kabarnya teknologi di AE86 BEV ini akan menjadi mobil listrik Toyota di masa depan, termasuk konsep Lexus Electrified Sport.