5 Motor yang Paling Enak untuk Dibore-up, Bisa Pakai Komponen Standar?

5 Motor yang Paling Enak untuk Dibore-up, Bisa Pakai Komponen Standar?

Berbicara pecinta kecepatan, tentunya tidak jauh dari yang namanya motor bore-up. Biasanya operkan mesin yang satu ini harus dilakukan agar dapat mencapai potensi maksimal dari motor tersebut. Lantas kira-kira motor apa saja yang paling enak untuk dibore-up mesinnya?

Foto: Brian

1. Honda Vario 125

Motor pertama adalah Honda Vario 125, karena memiliki kakak dengan kubikasi mesin 150 cc. Menariknya, kubikasi Vario 125 bisa ditingkatkan dengan menggunakan komponen Vario 150. Semua pemasangan plug and play sehingga tidak perlu perhitungan lebih dalam untuk membuatnya.

Istimewa

2. Yamaha Lexi 125

Selanjutnya adalah Yamaha Lexi 125, motor yang sama ini mirip-mirip dengan Vario 125 karena memiliki kakak berkubikasi mesin 155 cc. Mesin Lexi bisa ditingkatkan hanya dengan mengganti blok dari Yamaha Aerox. Dengan demikian kubikasinya bisa langsung menjadi 155 cc, namun agar lebih sesuai sejumlah komponen di cylinder head juga harus diganti.

Foto: Brian

3. Yamaha XMax 250

Motor paling mudah di bore-up selanjutnya adalah Yamaha XMax 250. Motor ini memiliki kembaran di Eropa dengan kubikasi 300 cc, hanya saja perbedaan mesin terdapat di crankshaft alias kruk as. Memang bukan bore-up tapi stroke-up, namun kubikasinya dapat meningkat drastis dan motor menjadi lebih responsif.

Foto: Brian

4. Yamaha MT-25 & YZF-R25

Sama seperti XMax, Yamaha MT-25 dan YZF-R25 punya kembaran 300 cc di pasar global. Kalau pada XMax terdapat perbedaan di crankshaft, kedua motor sport ini memiliki perbedaan pada blok mesin dan pistonnya. Sehingga hanya mengubah blok dan piston, motor menjadi 300 cc tanpa perlu penyesuaian alias plug and play.

Foto: Istimewa

5. Yamaha Mio

Seperti tak ada hentinya dari nomor 2 sampai 5, motor yang paling mudah di bore-up masih datang dari Yamaha. Sekarang adalah Yamaha Mio Sporty yang merupakan generasi pertama yang kerap dilakukan bore-up. Menariknya, skutik kecil ini dapat dibore-up hingga hampir 3 kali lipat kubikasi standarnya yakni menjadi 300 cc.