Bedah Modifikasi Honda Vario 160 Berlivery Repsol Honda Milik Den Dimas

Bedah Modifikasi Honda Vario 160 Berlivery Repsol Honda Milik Den Dimas

Seperti banyak diketahui, Den Dimas memiliki Honda Vario 160 yang telah mendapatkan cukup banyak modifikasi. Mengenai konsep dan ubahan di sektor tenaga telah kami bahas di artikel sebelumnya. Lantas apa saja modifikasi yang telah dilakukan oleh Den Dimas pada skutik 157 cc tersebut?

Briano Kawenang nama asli Den Dimas menyebutkan Honda Vario 160 pertama-tama mendapatkan ubahan pada tampilannya. Karena skutik ini diluncurkan berdekatan dengan terselenggaranya MotoGP Indonesia, maka Den Dimas mewarnainya dengan livery Repsol Honda. Namun terdapat sedikit perbedaan antara livery tersebut.

Foto: Brian

"Kalau Repsol Honda itu ada grafisnya, kalau ini enggak ada jadi cuma ambil warnanya saja, bedanya disitu sih. Livery ini dipilih karena memang waktu itu motor ini diluncurkan dekat dengan MotoGP Indonesia. Jadi diserahkan ke Katros Garage gimana nih biar warnanya bisa mirip Repsol Honda," ujar Den Dimas ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain pada tampilan, ubahan di sektor mesin Honda Vario 160 milik Den Dimas ini juga terbilang cukup banyak. Mulai dari CVT, komponen pulley telah dibubut sebesar 13,8 derajat, sementara roller juga mendapatkan ubahan namun tidak disebutkan. Sementara di bagian electronic control unit alias ECU juga mendapatkan ubahan dengan cara di-remap.

Foto: Brian

"Kemudian knalpot sih pakai WRX Silent Racing. Milih knalpot ini karena emang kalau knalpot racing kan auranya beda ya dan dapat memberikan tambahan tenaga. Tapi maunya tuh yang enggak berisik banget gitu, jadi masih kalem," paparnya.

"Nah karena performa dah naik, makanya bagian pengereman juga ditingkatkan nih. Di depan itu pakai full set kaliper dan master rem dari Nissin Samurai. Terus karena Vario 160 itu keras ya suspensinya, shockbreaker belakang diganti pakai punya KTC," pungkasnya.