Bedah Modifikasi Kustom Yamaha XMax Jadi Street Tracker, Komponennya Hedon!

Bedah Modifikasi Kustom Yamaha XMax Jadi Street Tracker, Komponennya Hedon!

Yamaha XMax yang mendapatkan modifikasi kustom tampaknya tidak banyak dilakukan oleh para pecinta roda dua. Namun kali ini, OtoMods menemukan XMax kustom yang sangat cantik lengkap dengan komponen hedon. Sebelumnya mengenai konsep modifikasi ini telah kami beritakan, sekarang akan kami bedah apa saja yang diubah dari motor tersebut.

Adega Anggayatsa selaku owner Rainbow Moto Builder menyebutkan untuk Yamaha XMax yang digarap oleh bengkelnya memiliki konsep Street Tracker. Secara konsep pihaknya ingin membuat yang belum pernah ada sebelumnya di dunia kustom. Kemudian XMax dipilih dengan gaya tracker yang dapat difungsikan sebagai motor touring.

Foto: Brian

"Ini semua sudah berubah, kecuali depan sampai tengah itu masih rangka originalnya. Engine mounting kita pertahanin aslinya, karena untuk kenyamanan juga. Sama pelek kita masih pakai aslinya, karena kita mengejar kestabilan motor dan ukurannya memang sudah pas," ujar Dega sapaan akrabnya ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dega menyebutkan untuk pengerjaan di bagian tangki, mengandalkan milik Honda Verza. Sementara di bagian bodi-bodinya menggunakan plat galvanis setebal 1,2 milimeter dengan bentuk yang dikustom. Lanjut ke bagian belakang, Dega menyebutkan secara konsep ingin membuat single seater, namun dengan sistem knockdown sehingga bisa dilepas.

Foto: Brian

"Suspensi upside down pakai punya Scarlet, tapi dia yang plug and play ke Byson. Kan Byson lebar tuh jadi cocok saja tampilannya. Untuk ukuran memang menjadi lebih tinggi sedikit daripada XMax aslinya. Pengereman Brembo semua, master rem RCS 19 dan kaliper juga Brembo. Sementara untuk shock belakang pakai YSS G-Sport, speedometer pakai Koso MS01," pungkas Dega.

Mengenai kesulitan pengerjaan, Dega menyebutkan XMax memiliki sistem kelistrikan yang cukup rumit. Kerumitan ditemukan pada saat mengganti speedometer original ke aftermarket Koso MS01. Meski demikian, semuanya bisa teratasi dengan seluruh fitur di Yamaha XMax tetap berfungsi.

Foto: Brian

Beberapa aksesoris lain pun turut terpasang, di antaranya seperti lampu utama day maker dan sein LED. Kemudian spion juga diganti dengan merek aftermarket Rizoma berbentuk bulat yang diletakkan di atas setang. Sementara untuk knalpot, mengandalkan sistem pembuangan kustom bikinan Rainbow Moto Builder yakni RMB Exhaust.

"Pengerjaan itu 90 hari kerja ya, antara 3 sampai 4 bulan-an lah. Ini sudah dibeli orang Sentul, tapi kalau biaya sebenarnya habis Rp 90 juta sudah sama motor Yamaha XMax-nya. Namun karena yang punya ini ingin ada tambahan seperti kaliper Brembo, total-totalan habis Rp 120 jutaan," jelasnya.