Bikin Dual Shockbreaker di Yamaha Lexi 125 Bisa Pakai Suspensi NMax?

Bikin Dual Shockbreaker di Yamaha Lexi 125 Bisa Pakai Suspensi NMax?

Yamaha Lexi 125 merupakan skuter Maxi dari Yamaha dengan kubikasi alias kapasitas mesin paling kecil. Secara spesifikasi pun cukup berbeda dari skutik Maxi pada umumnya, seperti dek rata, tangki di bawah jok, hingga suspensi tunggal. Namun ternyata terdapat cara untuk membuat Lexi menjadi dual shockbreaker sebagai suspensi belakangnya.

Baba Zeal selaku pencetus komunitas Yamaha Lexi Community Indonesia dan Yamaha Lexi Community Jakarta telah melakukan modifikasi tersebut. Baba Zeal membuat Lexi 125 miliknya menjadi dual shockbreaker. Menariknya, komponen yang digunakan ternyata tidak terlalu susah, hanya mengandalkan suspensi dari kakaknya yakni NMax.

Dengan keberhasilan modifikasinya, Baba Zeal pun tidak sungkan-sungkan untuk berbagi pengalamannya. Langkah pertama yang dilakukan Baba Zeal adalah dengan membeli komponen original Aerox full set. Mulai dari bearing, seal, clip, osh shock, hingga ke anting original Yamaha Mio.

Foto: Baba Zeal

“Bosh shock sebelah kanan ditempel di arm Aerox, enggak lupa beli anting original mio buat dilas ke rangka atas sebelah kanan. Enggak butuh waktu lama dikerjain sendiri di rumah untuk pemasangannya. Kecuali pengelasan, harus dibawa ke tukang las dengan biaya enggak lebih dari Rp 50 ribu,” ujar Baba Zeal beberapa waktu lalu.

Setelah selesai mengelas anting original Yamaha Mio ke rangka Yamaha Lexi, pengecatan rangka pun dilakukan. Langkah ini diperlukan guna menghindari karat dari bekas las-lasan, selain itu juga membuat pengerjaan menjadi lebih rapih. Anting di rangka kanan memang diperlukan, mengingat Lexi hanya single shock breaker sehingga butuh penyesuaian untuk dudukan atas suspensi.

Selain anting dan rangka yang perlu disesuaikan, ternyata bagian bodi juga perlu penyesuaian. Baba Zeal menyebutkan spatbor bagian kanan bawah perlu dicoak agar pas dengan anting-anting yang dilas sebelumnya. Setelahnya, hanya perlu merakit Kembali bodi-bodi motor yang sebelumnya dilepas ketika dual shockbreaker sudah terpasang.

Foto: Baba Zeal

“Untuk shock breakernya pakai punya NMax dari merek RCB V Series. Pengerjaannya sendiri cuma 2-3 jam saja kok. Kalau estimasi biaya itu sekitar Rp 468.500 belum termasuk shocknya ya. Karena kalau saya shocknya itu hadiah,” papar Baba Zeal.

"Tambahan buat yang mau ikutan ganti untuk part seperti clirclip, bearing, seal, bisa pakai bawaan Yamaha Lexi 125 ya. Kecuali sudah pada rusak ya wajib beli. Kalau bosh buat dudukan shock sebelah kanan wajib beli, harganya sekitar Rp 19 ribuan," pungkasnya