Bikin Yamaha Lexi 155 CC Masih Bisa Pakai Knalpot Standar?

Bikin Yamaha Lexi 155 CC Masih Bisa Pakai Knalpot Standar?

Yamaha Lexi menjadi anggota terkecil dalam keluarga Maxi Series yang diluncurkan pabrikan garpu tala. Dalam artikel sebelumnya, OtoMods sudah memberikan sejumlah tips membuat Lexi 125 cc menjadi 155 cc. Lantas jika mesinnya 155 cc dengan menggunakan blok Aerox, masih bisakah menggunakan knalpot standarnya?

Ariyanto selaku pemilik bengkel Zona Speed menyebutkan modifikasi Yamaha Lexi 155 cc tidak perlu mengganti knalpot standarnya. Menurut Ari, knalpot standar masih bisa digunakan meskipun komponen dalam head silinder Lexi telah menggunakan camshaft Aerox. Bahkan termasuk jika menggunakan injektor Aerox dan klep dari Yamaha R15.

"Masih bisa (pakai knalpot standar), iya soalnya dari klep masih standar juga. Memang sih kalau mau debitnya lebih besar bisa pakai injektor Aerox dan klep R15 VVA. Kan diameter klepnya lebih lebar 2 mm. Knalpotnya enggak ganti walaupun pakai klep Yamaha R15," ujar Ari beberapa waktu lalu ketika dihubungi.

Foto: Istimewa

Namun tentunya, jika menggunakan klep dari Yamaha R15 VVA Ari mengingatkan akan borosnya bahan bakar yang digunakan. Tentu saja hal ini dikarenakan debit bensin yang digunakan menjadi lebih besar dari versi standar. Namun hal tersebut sebanding dengan tenaganya yang lebih responsif jika hanya menggunakan klep dari Lexi.

Ari yang juga memiliki blog otomotif bernama Aripitstop menyebutkan telah beberapa kali memodifikasi mesin Lexi 155 cc. Bengkel milik Ari yaitu Zona Speed bisa ditemukan di Jalan Raya Mahakam No. 35, Jati Melati, Bekasi, Jawa Barat.