Bore-up Yamaha XMax Jadi 300 cc Cukup Pakai Part Eropa, Plug and Play?

Bore-up Yamaha XMax Jadi 300 cc Cukup Pakai Part Eropa, Plug and Play?

Yamaha XMax merupakan skutik maxi keluaran PT Yamaha Indonesia Motor Mfg yang memiliki mesin 250 cc. Menariknya di Eropa, motor ini memiliki kubikasi mesin yang lebih besar yakni 300 cc. Lantas bisakah XMax di Indonesia dimodifikasi jadi 300 cc dengan komponen XMax di Eropa?

Sami Aji selaku Kepala Mekanik Mods Zone mengatakan jika XMax 300 cc bisa dilakukan dengan cara bore-up ataupun stroke-up. Jika mengandalkan spesifikasi XMax 300 di Eropa, menurut Sami harus melakukan stroke-up. Sementara jika dua-duanya digunakan untuk meningkatkan kapasitas mesin, akan lebih dari 300 cc. 

Foto: Brian

"Kalau yang di luar itu kan 300 cc, dia bedanya dari stroke-nya aja. Jadi XMax Eropa itu dia stroke-nya lebih tinggi atau lebih panjang, jadi bisa 300 cc beda sama yang di sini," ujar Sami ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu di Cakung, Jakarta Timur.

Menurut Sami, jika XMax di Indonesia ingin menggunakan kruk-as XMax Eropa untuk meningkatkan stroke masih bisa menggunakan komponen standar. Sehingga untuk pemasangan, masih plug and play tanpa adanya ubahan yang ekstrim di bagian mesin. Dengan demikian, Yamaha XMax di Indonesia masih bisa menjadi 300 cc dengan menggunakan part standar Eropa.

Foto: Brian

"Ganti kruk as pasti, cuma blok-nya itu masih bisa dipakai yang lama. Karena bedanya cuma dari kruk as saja dan partnya sebenarnya hampir sama. Karena kalau stroke-up XMax aslinya disini tuh sudah plug and play. Bahkan enggak perlu nambah paking dan lain-lain," pungkasnya.

Bahkan menurut Sami, XMax stroke-up 300 cc seperti di Eropa tidak perlu mengganti ECU bawaan pabrik. Berbeda dengan bore-up menjadi 300 cc, harus mengganti ECU untuk menyesuaikan penggunaan bahan bakar. Namun menurutnya jika stroke-up 300 cc ingin lebih maksimal, ada baiknya mengganti ECU menggunakan merek aftermarket.