GALERI: Motor Listrik Konversi Vespa Elettrico Elders Garage

GALERI: Motor Listrik Konversi Vespa Elettrico Elders Garage

Seperti telah kami beritakan, Elders Garage telah membuat Vespa klasik yang dikonversi menjadi berpenggerak listrik bernama Elettrico. Vespa yang satu ini mengandalkan basis dari Vespa klasik alias 2-tak yang kemudian mesinnya dilepas diganti oleh dinamo listrik. Menariknya, secara penampilan Vespa klasik ini tampil standar layaknya sebuah motor restorasi.

Steve dari Elders Garage menyebutkan pihaknya hanya mengerjakan konversi electric kit untuk membuat Vespa Elettrico. Namun jika konsumen datang dengan Vespa klasik yang ingin direstorasi kembali, maka Elders Garage siap menerimanya. Akan tetapi tentunya pengerjaan akan menambah biaya diluar dari electric kit Vespa Elettrico.

Foto: Brian

"Kalau mau sekalian dirapihin, cat lagi, mau bikin konsep apa gitu sebenarnya bisa di Elders Garage. Tapi nanti jadi ada biaya tambahan dari konversi Vespa klasiknya. Cuma kalau konsumen punya bengkel rekanan lain yang lebih dipercaya juga enggak apa-apa, jadi restorasinya disana dan koversi ke penggerak listriknya di Elders," ujar Steve ketika ditemui oleh OtoMods beberapa waktu lalu di Jakarta.

Secara tampilan, Vespa Elettrico yang dikerjakan oleh Elders Garage memang tampil cukup standar. Secara warna biasanya menyesuaikan dengan selera konsumen, ingin mempertahankan warna original atau menggantinya dengan konsep yang berbeda. Namun jika dilihat secara lebih detail lagi, maka tampilan dari Vespa Elettrico akan sedikit berbeda daripada versi standarnya.

Foto: Brian

Perubahan paling banyak terdapat di bagian belakang yang menampung mesin bensin dari Vespa klasik. Di bagian belakang akan terlihat swingarm yang tidak ada di Vespa klasik. Di bagian kedua roda juga telah mengandalkan pengereman disc brake yang tentunya tidak ada di Vespa klasik.

Bagian jok juga dibuat berbeda dari Vespa klasik pada umumnya, untuk membuka jok seperti disematkan tombol di bagian belakang. Sementara untuk dibalik jok, tidak lagi terdapat tangki bahan bakar, melainkan baterai serta terdapat switch saklar.