GALERI: Yamaha Mio Listrik Bodi Standar Kaki-Kaki Gambot

GALERI: Yamaha Mio Listrik Bodi Standar Kaki-Kaki Gambot

Berita mengenai modifikasi Yamaha Mio Sporty oleh Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage sudah kami buat. Beberapa modifikasi baik penggerak listrik, hingga kaki-kaki gambotnya sudah kami bahas. Kali ini OtoMods ingin memberikan detil foto dari modifikasi motor listrik konversi berbasis Mio tersebut.

Atenx menyebutkan kaki-kaki Yamaha Mio Listrik tersebut sengaja dibuat besar untuk memberikan gambaran motor kencang tak harus menggunakan ban kecil. Sehingga ban berukuran 100/80 ring 14 di depan dan 140/80 ring 14 di belakang dipasangkan pada Mio. Ubahan ini pun harus memperhitungkan beberapa hal dan menyesuaikan beberapa komponen.

Foto: Brian

"Jadinya diputuskan pakai roda depan lebar pelek 2,5 inci bahan alumunium dengan ban Maxxis berukuran 100/80 ring 14 inci. Yang belakang ban Maxxis 140/80 pakai pelek 4,5 inci. Karena sudah pakai rantai jadi belakang pakai tromol dan nap gear punya Scorpio," papar Atenx. 

Pelek dan ban Yamaha Mio Listrik tersebut dibantu oleh suspensi dual shockbreaker 340 mm dari motor batangan. Sementara di depan menggunakan suspensi dari Kayaba dengan kelir putih. Mengenai pengeremannya juga ditingkatkan menggunakan selang rem braided.

Foto: Brian

"Tadinya mau pakai model arm banana, jadinya enggak bisa. Terus mau pakai monoshock juga enggak bisa, karena bisa dilihat baterainya ini sudah overlap banget sampai ke bawah-bawah. Akhirnya diputuskan yang masuk akal pakai dual shockbreaker terus pakai arm hollow punya Scorpio. Jadi memang mencari yang pipa saja, keuntungannya lebih enteng lah ya," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods.

"Dinamonya sendiri itu 72V 4000 Watt ya, baterainya itu saya lupa tapi yang pasti bukan lithium, dia di atasnya gitu. Tapi yang jelas spesifikasi baterainya itu 6 kWh. Baterainya besar sekali karena ternyata untuk produksi mobil listrik di Eropa. Jadi harusnya spesifikasinya oke, kalau yang lain-lain seperti controller itu sama saja," ujar Atenx ketika ditemui OtoMods beberapa waktu lalu.